FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 29, 2023

JAKARTA (FaktaID) – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat Meteorologi Kelautan Eco Prastio mengimbau warga yang tinggal atau bekerja di kawasan pesisir untuk mewaspadai potensi gelombang setinggi empat meter di beberapa negara Indonesia. . Air dari 22 hingga 23 Januari 2023.

Di Jakarta, Echo mengatakan pada hari Minggu, “Pada saat itu, angin yang berlaku bergerak dari utara ke timur laut dengan kecepatan 8 hingga 20 knot di Indonesia bagian utara dan sebagian besar dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan 6 hingga 25 knot di Indonesia bagian selatan. “

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Kepulauan Sangye, Laut Sulawesi bagian timur, perairan Kepulauan Agat, dan Laut Arafuro bagian timur,” katanya.

Menurutnya, kondisi tersebut berpotensi menimbulkan gelombang dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter di Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue-Kepulauan Mentawai, Bengkulu. perairan barat Lampung, Samudera Sumatera, Hindia Barat, Selat Sunda Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten-Sumbawa, Selatan Bali-Lombok-Selat Alas, dan Perairan Selatan Pulau Sumba.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Samudera Hindia Selatan, Banten-Nusa Tenggara Timur, Perairan Selatan Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna, Laut Natuna, Perairan Kepulauan Seribu, Laut Jawa Bagian Barat, Bagian Tengah dan Timur Perairan Selatan Kepulauan Sangye-Kepulauan Talaoud, Perairan Kepulauan Sitaro, Perairan Bitong, Laut Maluku, Perairan Halmahera, Laut Halmahera, Laut Banda, Perairan Papua Utara-Papua Barat, Samudera Pasifik Utara Samudera Papua-Papua Barat, Perairan Kepulauan Kai Selatan, Perairan Kepulauan Aru, Amamapre-Agates dan Laut Arafuro.

Sementara itu, Laut Natuna Utara, Perairan Utara Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna, Perairan Utara Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talawd dan Halmahera Pasifik Utara diprakirakan memiliki tinggi gelombang antara 2,50 hingga 4 meter selama periode tersebut. 22-23 Januari 2023.

Eko mengatakan: Untuk itu perlu diperhatikan tingginya resiko keselamatan transportasi.

Dia mengatakan: Operator kapal penangkap ikan harus mewaspadai kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter, dan operator tongkang harus mewaspadai kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang. lebih dari 1,5 meter. .

Operator kapal diminta mewaspadai kecepatan angin di atas 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, dan operator kapal besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar harus mewaspadai kecepatan angin di atas 27 knot dan tinggi gelombang lebih tinggi. . empat meter


BMKG: Waspada potensi banjir rob di pesisir NTB jelang Imlek 2023.
BMKG keluarkan peringatan dini gelombang laut tinggi di Bali

Koresponden: Zoubi Maherfi
Editor: Maritti