FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 27, 2023

Jika bisa distabilkan, Muhammadiyah bisa menjadi kekuatan ekonomi dan menjadi lokomotif ekonomi bangsa.

Jakarta (FaktaID) – Wakil Presiden Republik Demokratik Afrika Bidang Koordinasi Industri dan Pembangunan (Corin Bang) Rachmat Gobel mengatakan Muhammadiyah memiliki aset besar berupa ratusan universitas dan puluhan rumah sakit, serta komunitas yang umumnya kelas menengah.

“Kalau bisa distabilkan, Muhammadiyah bisa menjadi kekuatan ekonomi dan menjadi lokomotif ekonomi kerakyatan,” ujarnya pada 21 Januari 2023 saat memberikan orasi publik di hadapan warga Muhammadiyah di Masjid Taqwa, Universitas Muhammadiyah, Jakarta. Demikian keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Saat ini Muhammadiyah memiliki sekitar 170 universitas dan sekitar 80 rumah sakit. Konsolidasi ini memudahkan perekonomian pendukung dan umat Islam pada umumnya.

“Oleh karena itu, harus ada forum kerjasama yang menyatukan kepentingan yang berbeda. Ibarat kayu, kalau bersatu akan kuat.”

Gobel Jepang dan Gubernur Ehime panen padi dengan pupuk organik

Lanjutnya: Agregasi dalam bentuk koperasi dapat disesuaikan dengan sektor ekonomi yang ditekuni.

Selain itu, banyak bidang usaha yang bisa digarap juga, seperti pertanian, kelautan dan perikanan, serta usaha kecil dan menengah, kata Gobel.

“Melalui koperasi, pupuk, benih, pascapanen, penyimpanan dan penjualan menjadi urusan koperasi. Petani hanya bercocok tanam. Tidak ada beban lagi. Tapi koperasi itu milik mereka semua,” kata Gobel.

Ia juga mencontohkan potensi perdagangan tanaman obat yang pasar globalnya lebih dari 2000 triliun dolar, namun Indonesia hanya menyumbang kurang dari 1%.

Padahal para penjajah datang ke Nusantara untuk mencari tumbuhan tersebut, bukan untuk tambangnya. Dia berkata.

Gobel juga mengajak warga Muhammadiyah dan umat Islam pada umumnya untuk menekuni ekonomi berbasis budaya. Katanya: Karena ini kekuatan kita, jangan sampai punah, dia punya banyak kemampuan ekonomi, antara lain batik, lagu, tenun, meubel, ukir, tenun, tenun, kuliner, dll.

Muhammadiyah DKI mengajak masyarakat bijak menggunakan air

Ia mengaku saat menjadi Menteri Perdagangan sempat melarang impor tekstil bermotif batik agar tidak merusak industri batik nasional. “Saya mengalami pertarungan yang luar biasa,” katanya.

Gobel meminta warga Muhammadiyah untuk bersatu, mandiri dan berdiri di atas kekuatan yang diwarisi dari alam dan apa yang mereka warisi dari nenek moyang mereka. Beliau mengatakan: “Dimulai dari yang ada yaitu konsolidasi aset ekonomi milik Muhammadiyah yaitu lembaga pendidikan dan rumah sakit.”

Koresponden: Risbani Fardaniyah
Editor: Nusarina Yuliastuti