FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 6, 2023

Jakarta (FaktaID) – Piala Dunia U-20 Indonesia 2023 akan dimulai dengan upacara pembukaan yang dirancang oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia 2019-2020 Vishnuma Kusubandyu, kata Menteri Olahraga dan Pemuda (Manpura) Zinuddin Amali. .

“Pak Vishnutama memang ahli di bidangnya, sudah teruji. Namun, ini masih menunggu sesi terbatas,” kata Zayundin yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 Indonesia (INAFOC). Di Jakarta, Kamis

Menurut Zinodine, FIFA sebenarnya tidak mengetahui upacara pembukaan Piala Dunia U-20, namun Indonesia mengajukan permintaan khusus langsung kepada presiden FIFA Gianni Infantino karena hal itu diusulkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Kemudian presiden FIFA memberikan izin. Cuma jangan dikira pembukaannya sama dengan Piala Dunia Senior,” kata Zainuddin.

Wishnutama adalah wajah di balik perhelatan internasional besar Indonesia seperti upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 Jakarta.

Manpura menilai Piala Dunia U-20 akan digelar tanpa masalah jika Vakutum menjadi PSSI.

Pada November 2022, Wisnotama juga disorot oleh para pemimpin dunia karena berhasil merencanakan makan malam akbar pada KTT G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Bali.

Rencananya akan digelar closing ceremony jelang final Piala Dunia U20 2023 dan acara lain untuk menyambut Piala Dunia U20 yakni penyerahan trofi kepada tuan rumah sebelumnya, Polandia, lanjut Zinoudi.

“Rencananya akan digelar pada Februari 2023. Tapi saya belum tahu tanggal pastinya,” ujarnya.

Piala Dunia U-20 2023 akan diselenggarakan di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni, dan akan diikuti 24 negara, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Turnamen ini menggunakan enam stadion antara lain Stadion Utama Glora Bong Karno Jakarta, Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Glora Bong Tomo Surabaya dan Stadion Kapten Man Wayan Dipta Bali.

PLN pastikan listrik aman menyambut Piala Dunia U20 FIFA di Stadion Gianyar.

Pengkhotbah: Michael Sihan
Editor: Jafar M. Siddique