FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 29, 2023

INDOSPORT.COM – Pelatih tunggal putri di Asosiasi Bulutangkis China (CBA), Xia Xuanze, lakukan evaluasi besar-besaran. Rapor Chen Yu Fei merah usai dijegal Gregoria Mariska?

Melansir media Sohu, pelatih tunggal putri CBA Xia Xuanze pada Sabtu (07/01/23) baru-baru ini menerima wawancara ekslusif dengan media tentang performa tunggal putri China sepanjang turnamen badminton pada 2022.

Berdasarkan update ranking BWF per Selasa (03/01/23), ada tiga tunggal putri China yang ada di peringkat 10 besar. Mereka adalah Chen Yu Fei (1), He Bingjiao (5), dan Wang Zhi Yi (8).

Sementara di ranking bawahnya masih ada Han Yue (11), Zhang Yi Man (18), Gao Fang Jie (106). Berdasarkan catatan itu, tunggal putri China memiliki capaian cukup mencapai baik menurut Xia Xuanze.

Hanya saja secara garis besar, pencapaian tunggal putri China pada turnamen bulutangkis 2022 ini ada yang kurang stabil.

Dimulai dari  tunggal putri Chen Yu Fei, dikatakan bahwa performanya tunggal  putri ranking dua dunia itu relatif baik, namun pelatih Xia Xuanze merasa sedikit kecewa karena ‘emosi’ Chen Yu Fei kurang stabil.

Performa Chen Yu Fei kurang stabil tersebut pada akhirnya bermuara dengan pencapaiannya yang hanya bisa meraih satu gelar juara. Padahal secara keseluruhan, dia bisa menapaki total delapan final turnamen 2022.

Salah satu kekalahan paling ironis terakhir yang diderita oleh Chen Yu Fei terjadi di babak penyisihan Grup A BWF World Tour Finals 2022.

Saat itu, Chen Yu Fei yang berstatus peraih emas Olimpiade Tokyo 2020, harus takluk tiga game atas Gregoria Mariska dengan skor 9-21, 21-14, 16-21.

Meskipun pada akhirnya Chen Yu Fei bisa melaju ke empat besar turnamen akhir musim tersebut, namun kekalahan atas Gregoria Mariska, menjadi catatan merah di rapornya pada 2022.