FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 29, 2023

JAKARTA (FaktaID) – Laga putaran keempat Australia Terbuka yang dilakoni petenis nomor satu dunia Iga Sviatek dihentikan di Melbourne pada Minggu dalam duel antara dua juara Grand Slam yang dimenangi oleh Elena Rybakina dengan straight set.

Rybakina, juara Wimbledon 2022 dari Kazakhstan, mengalahkan juara Prancis dan AS Terbuka Suiatek 6-4, 6-4 dalam waktu 1 jam 29 menit di Rod Laver Arena dan melaju ke perempat final.

Rybakina, peringkat 22 di turnamen ini, berkata: “Itu adalah pertandingan yang sangat sulit dan saya sangat menghormati Iga.”

Dia berkata tentang saingannya dari Polandia yang berusia 22 tahun: “Dia adalah pemain muda dan saya pikir dia bermain sangat baik.” “Ini kemenangan besar dan saya senang bisa lolos ke babak berikutnya.”

Sviatek dan petenis pemula lolos ke babak 16 besar

Di babak selanjutnya, Rybakina akan menghadapi Yelena Ostapenko yang mengalahkan unggulan ketujuh Coco Gauff.

Sviatek memimpin 40-0 di game pembukaannya dan 40-15 saat giliran Rybakina.

Namun, pemain jangkung kelahiran Rusia (1,84m) itu menunjukkan kekuatannya, memenangkan kedua pertandingan dengan skor 2-0.

Petenis Polandia itu bersiap untuk bertahan di set berikutnya sebelum melakukan serangan untuk menciptakan tiga break point dan mengonversi poin pertama saat Rybakina melaju jauh untuk menyamakan skor menjadi 2-2.

Pada kedudukan 3-3, 30-30, kesalahan ganda pertama Svyatek memberi kesempatan lain kepada Rybakina, yang dia manfaatkan dengan backhand cross.

Reuni dengan Mantan Pelatih Osaka Pliskova Jadi Saingan Serius di Melbourne

Juara Wimbledon itu melakukan servis dengan mudah dan memukul ace keempatnya untuk set point pertamanya setelah 42 menit.

Rybakina, 23, bermain selama lebih dari dua jam dan dipaksa bermain tiga set dengan 10 tiebreak ketika ia menyingkirkan finalis tahun lalu Daniel Collins di putaran ketiga.

Sementara itu, Sviateck hanya kalah satu pertandingan dan tidak menghadapi kekalahan melawan petenis kualifikasi asal Spanyol Cristina Bosa di babak sebelumnya.

Swiatek mulai meningkatkan permainan mereka di awal set kedua, menyerang dengan forehand dan membangun break cepat untuk memimpin 2-0, dibantu oleh sejumlah kecil penggemar Polandia yang mengenakan seragam merah putih di tribun meneriakkan nama “Mereka memberi . Iga, Iga”.

Namun, Rybakina kalah 1-3.

Korda singkirkan Medvedev dari Australian Open Championship

Dia kemudian melakukan servis dengan kekuatan dan presisi, dan ace kelimanya membantunya menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

“Saya pikir saya melakukan servis dengan baik dan saya tenggelam di sisi lain,” kata Rybakina.

“Tapi saya bermain sangat baik di momen-momen besar dan itu membuat perbedaan.”

Svyatek memenangkan pertemuan sebelumnya dengan Rybakina dengan straight set di Strava 2021.

Namun, rekor itu tidak ada artinya karena Rybakina yang percaya diri memaksa Sviatek bertahan untuk dua break point pada kedudukan 4-4.

Pukulan forehand keenam Rybakina membuat break point ketiga, yang ia selamatkan dengan pukulan pole ke gawang. Dia kemudian dengan mudah melakukan servis untuk memenangkan pertandingan.

Djokovic mengalahkan Dimitrov dan mencapai babak 16 besar Australia Terbuka

Koresponden: Aditya Eko Sigit Vikasono