FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 6, 2023

Program ini untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat dan dalam rangka percepatan kepemilikan administrasi kependudukan

Jakarta (FaktaID) – Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukkapil) Jakarta Selatan telah mendaftarkan ribuan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) untuk siswa sekolah yang akan memasuki usia 17 tahun pada tahun 2022.

“Dari 2.947 siswa yang terdaftar, 1.389 e-KTP telah dicetak dan didistribusikan kepada siswa melalui masing-masing sekolah,” kata Kepala Kantor Catatan Sipil Jakarta Selatan Mohammad Nurrahman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Noorhman menjelaskan sisa E-KTP belum dicetak karena masih menunggu kedatangan siswa berusia 17 tahun yang tersebar di 42 sekolah.

Selain itu, pencatatan e-KTP siswa diikutsertakan dalam program penarikan dengan mendaftar langsung ke sekolah masing-masing.

Nurrahman mengatakan: “Di manakah program untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan dalam rangka percepatan kepemilikan administrasi kependudukan?”

Usai pencatatan, Dukcapil melanjutkan dengan tes tunggal untuk memastikan tidak ada data ganda, kemudian e-KTP bisa dicetak dan diberikan kepada yang dituju, tambah Nurhman.

“Ini untuk memastikan warga hanya memiliki satu KTP,” ujarnya.

Sedangkan untuk pendaftaran data meliputi biodata diri, foto, sidik jari, iris mata dan tanda tangan.

Selama ini, Dukkapil setempat di Jakarta Selatan masih melakukan pendaftaran manajemen kependudukan, tidak hanya di sekolah, tapi juga di pemukiman warga.

Selain menyediakan layanan langsung atau layanan pengambilan bola, pihaknya juga menyediakan layanan aplikasi yang dapat dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi “Alpoket Betway” atau menghubungi layanan WhatsApp di nomor ponsel 081285277751.

“Karena fungsi utama KTP sebagai data resmi kependudukan, yang berisi data pribadi selain kondisi pelayanan publik terhadap program pemerintah,” terangnya.

Oleh karena itu, fungsi KTP ditujukan untuk mengidentifikasi identitas, memperoleh izin, membuka rekening bank, mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP, serta mendukung jaminan hak pilih bagi semua warga negara dalam pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah.

Pemkot Jakbar kunjungi delapan sekolah untuk daftarkan KTP elektronik
Jaksel Ajak Bola Gulir Rebut e-KTP di Sejumlah Sekolah
DPRD DKI bentuk pansus ganti nama jalan

Koresponden: Lutfia Miranda Putri
Editor: Ganet Aerospace