FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 30, 2023

HANOI, Vietnam (FaktaID) – Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menyalahkan inkonsistensi dan kurang fokus atas kekalahan 2-0 timnya dari Vietnam di leg kedua Piala AFF 2022. Semifinal di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin.

“Pada gol pertama, kiper kami (Nadeo Argavinata-Ed) melakukan kesalahan saat mengambil bola. Hal ini karena pemain pada umumnya belum sepenuhnya beradaptasi dengan lapangan,” ujar Sheen. Konferensi pers setelah pertandingan

Gol pertama Vietnam dicetak pada menit ketiga. Saat itu, striker Vietnam Nguyen Thien Lin berhasil menangkap umpan panjang Du Hong Dong.

Nadeo Argavinata mencoba memblok bola dengan maju dari area amannya sendiri, namun tembakan Tin Lin lebih cepat masuk ke gawang.

Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022 Usai Kalah 0-2 dari Vietnam

Menurut Shin, gol tersebut dieksekusi dengan baik oleh Tien Lin. Namun, terlepas dari ketidakcocokan tersebut, kualitas lapangan memungkinkan Vietnam untuk membuka gawang.

“Kondisi lapangan stadion sangat berbeda dengan Stadion utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta yang besar dan bagus. Kondisi Stadion My Dinh lebih baik bagi saya di SEA Games 2021. Sekarang, saya menyayangkan kondisi lapangan. Namun, tim Vietnam sudah terbiasa dengan ini.”

Kemudian, untuk gol kedua Vietnam yang dicetak oleh Nguyen Thien Lin pada menit ke-47, atau kurang dari dua menit memasuki babak kedua, Shin mengakui hal itu karena timnya kurang fokus.

Jordi Amat dan kawan-kawan menyebut taktik Korsel tidak melindungi lawan dengan baik.

“Konsentrasi pemain menurun,” kata Shin, “walaupun saya selalu mengingatkan pemain untuk berhati-hati, terutama di lima menit pertama dan lima menit terakhir pertandingan.”

Shin Tae-yung bermain dengan 5 bek melawan Vietnam di Hanoi
Jordi Amat Tak Meragukan Kualitas Serangan Indonesia

Timnas Indonesia gagal melaju ke babak semifinal Piala FA 2022 setelah kalah 0-2 dari tuan rumah Vietnam pada leg kedua semifinal di Stadion Nasional My Dinh di Hanoi.

Bagi timnas Indonesia, kekalahan ini membuat target PSSI menjuarai Piala AFF 2022 tidak tercapai.

Pada saat yang sama, Vietnam akan menghadapi pemenang pertandingan semifinal lainnya di pertandingan final, yang akan menyingkirkan Malaysia dan Thailand bersama-sama.

Leg kedua semifinal antara Thailand dan Malaysia digelar Selasa (1/10) di Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand. Thailand kalah 1-0 pada leg pertama di Kuala Lumpur, Malaysia.

Pengkhotbah: Michael Sihan