FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 27, 2023

Setelah menolak panggilan ke timnas Indonesia, karier pemain kelahiran Tijani di Liga Belanda itu kini terlihat cerah.

FaktaID – Pemain Tijani Rangers ini sempat menjadi sorotan para pecinta sepak bola Indonesia karena menolak tawaran memperkuat timnas Indonesia. Usai penolakan tersebut, karir Tijani kini terlihat lebih gemilang di Liga Belanda.

Gelandang tengah Tijani Raiders Az Alkmaar, 24, dinamai setelah pelatih kepala tim nasional Indonesia Shin Tae-yung menawarinya kewarganegaraan pada tahun 2022.

Keputusan itu diambil setelah dua pemain Belanda lainnya, Mies Hilgers dan Kevin Dix, tidak bisa masuk timnas Indonesia karena tidak diberi izin oleh orang tuanya.

Dengan pengalaman mengikuti Liga Belanda dan sukses tampil di kasta tertinggi, Tijani Riders bisa membantu timnas Indonesia untuk mengikuti Asian Nations Cup.

Selain itu, timnas Indonesia berhasil mendapat tambahan amunisi di lini pertahanan dengan kehadiran pemain kelahiran Eropa seperti Elkan Bagot, Sandy Walsh, Jordi Amat dan terakhir Shayne Patinama.

Timnas Indonesia dengan lini pertahanan yang tangguh dan visi permainan Tijani Riders yang baik, bukan tidak mungkin membuat sejarah dengan lolos dari babak penyisihan grup di Asian Nations Cup.

Sayang harapan melihat Tijani Riders berseragam timnas Indonesia pupus sudah. Pasalnya, Tijani mengumumkan tidak berminat bermain untuk timnas Indonesia.

Hal itu dilaporkan langsung oleh anggota Exco PSSI Hosni Abdul Ghani yang saat itu diberi mandat khusus untuk mengawal proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia di Eropa.

“Tidak ada yang spesifik kenapa mereka tidak mau membela timnas Indonesia. Mereka tidak tertarik saat ini karena fokusnya di klubnya,” ujar Hosni. FaktaID.

Kini, setelah hampir beberapa bulan, kiprah Tijani Riders yang disingkirkan timnas Indonesia melejit di Liga Belanda.