FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 27, 2023

Jakarta (FaktaID) – Berbagai peristiwa terjadi di bidang politik di Indonesia selama sepekan (16/1) hingga (21/1) lalu, dimulai dari bubarnya Menlu soal isu “ganti” kabinet pada 1 Februari lalu. , 2023 hingga Jokowi sepakat mengubah masa jabatan pos desa. Berikut sajian berita politik yang dirangkum oleh Perum LKBN FaktaID.

1. Menteri Negara menepis isu “reshuffle” Kabinet pada 1 Februari 2023.

Menteri Luar Negeri (Mansang) Pratikeno menepis isu rencana reshuffle atau “perombakan” kabinet Indonesia yang dikabarkan akan dilakukan pada 1 Februari 2023.

Baca selengkapnya di sini

2. Presiden menunjuk tiga menteri untuk mengumpulkan WNI korban pelanggaran HAM

Presiden Indonesia Joko Widodo menugaskan tiga menteri untuk mempertemukan warga negara Indonesia yang menjadi korban pelanggaran HAM berat di Eropa Timur sebagai bagian dari pemulihan hak-hak mereka.

Baca selengkapnya di sini

3. Partai Demokrat: Perubahan Perjanjian Koalisi Semakin Dekat

Sekretaris DPR dari Demokrat Andy Malaringang mengatakan diskusi kelompok kecil semakin dekat untuk mencapai kesepakatan tentang rencana koalisi Partai Demokrat, NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca selengkapnya di sini

4. Seskab: Presiden memberi kuasa kepada Eric Tohir untuk dicalonkan sebagai calon Ketum PSSI.

Presiden Indonesia Joko Widodo telah memberikan izin kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Tohir untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), kata Sekretaris Kabinet Pramanu Anong.

Baca selengkapnya di sini

5. Jokowi setuju untuk mengubah periodisitas jabatan Dehiar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui usulan perubahan periodisitas posisi desa sebagaimana diatur dalam UU Desa Nomor 6 Tahun 2014, guna mencegah terjadinya konflik sosial yang dapat mengganggu pembangunan desa.

Baca selengkapnya di sini

Koresponden: Mohammad Zulfikar
Editor: Harry Subanto