FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 29, 2023

JAKARTA (FaktaID) – Hasil undian UEFA Nations League 2022/23 telah diumumkan, dengan empat negara saling berhadapan di babak semifinal yang akan digelar di Belanda.

Pengundian dilakukan pada hari Rabu di markas UEFA di Swiss.

Menurut situs resmi UEFA, Selasa, tim tuan rumah akan menghadapi tim ketiga Piala Dunia 2022, yakni Kroasia. Sementara itu, Italia dan Spanyol kembali saling berhadapan di grup empat besar.

Italia dan Spanyol sebelumnya bertemu di semifinal Euro 2020, di mana Italia memenangkan turnamen tersebut setelah mengalahkan Inggris melalui adu penalti.

Keempat negara tersebut masing-masing menjuarai grup A League tahun lalu. Kroasia menjuarai Grup A1 dengan 13 poin dari 6 pertandingan.

Spanyol melaju ke babak semifinal dengan mengalahkan Portugal di pertandingan terakhir Grup A2. Spanyol memiliki 11 poin dan hanya satu poin di atas Portugal.

Empat tim lolos ke semifinal UEFA Nations League

Italia menjadi juara Grup A3 dengan kemenangan 2-0 atas Hungaria di pertandingan terakhir. Mereka mencetak 11 poin, unggul satu poin dari Hungaria.

Sedangkan Belanda lolos ke semifinal dengan 16 poin, dan Belgia di peringkat kedua dengan selisih 6 poin.

Pemenangnya akan melaju ke final di Rotterdam pada 18 Juni, sedangkan perebutan tempat ketiga akan berlangsung pada hari yang sama di Enschede.

Semifinal pertama akan dimainkan di Rotterdam pada 14 Juni, sedangkan semifinal kedua antara Italia dan Spanyol akan dimainkan keesokan harinya di Enschede.

UEFA Nations League adalah kompetisi dua tahunan yang dibagi oleh semua negara Eropa menjadi struktur liga empat tingkat.

Kompetisi ini menggantikan pertandingan persahabatan yang sebelumnya dimainkan pada hari libur internasional.

Morata antarkan Spanyol ke semifinal dengan singkirkan Portugal 1-0

Prancis memenangkan edisi terakhir Liga Bangsa-Bangsa pada 2021 dengan mengalahkan Spanyol 2-1.

Jadwal pertandingan semifinal Liga Bangsa-Bangsa 2022/2023:

semi final
Belanda dan Kroasia di Rotterdam, 14 Juni

Spanyol vs. Italia, 15 Juni

Pertandingan terakhir dan ketiga, 18 Juni

Italia mencapai semifinal Liga Bangsa-Bangsa setelah mengalahkan Hongaria 2-0

Editor: Jafar M. Siddique