FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 8, 2023

Jakarta (FaktaID) – Berbagai peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional selama sepekan terakhir, mulai dari Resolusi Presiden Jokowi 2023 hingga isu reshuffle kabinet.

Berikut adalah ikhtisar dari lima peristiwa politik yang menarik minggu ini untuk dilihat kembali:

1. Resolusi Presiden Jokowi 2023: Indonesia tidak terpengaruh resesi global.

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berharap Indonesia tidak terpengaruh oleh resesi global sebagai resolusi 2023 saat berkunjung ke Pasar Tanah Abang Jakarta, Senin.

Usai pemeriksaan, Presiden mengatakan kepada media group: “Ya, kita berharap Indonesia tidak terkena resesi global. Itu saja.”

Pelajari lebih lanjut di sini

2. PPP: Romahurmuziy punya kemampuan membesarkan partai

Ketua DPP PPP Achmed Bidwi menjelaskan alasan penunjukan Rumhormozi atau Rumi sebagai Ketua MPR PPP salah satunya karena memiliki kemampuan untuk membesarkan partai.

Menurut teman-teman PPP, Mas Rumi masih punya kemampuan untuk membesarkan dan berkontribusi di partai, kata Achmed Baidoi atau Avik di Jakarta, Selasa.

Pelajari lebih lanjut di sini

3. Marouf, Wakil Presiden: Menciptakan lapangan kerja untuk reformasi hukum

Marouf Amin, Wakil Presiden, mengatakan alasan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Alih-alih Penciptaan Lapangan Kerja (PROPO) adalah perubahan undang-undang sebelumnya.

“Saya kira masalah Perppu adalah UU Cipta Kerja dipandang sebagai masalah, sehingga perlu diubah,” kata Wakil Presiden Marouf di Cianjur, Jawa Barat, Rabu.

Pelajari lebih lanjut di sini

4. Istri Vijay Thukul meninggal

Istri dari Pegiat Hak Asasi Manusia (HAM) Vijay Widodo atau Vijay Thokol, Dayah Sujira, meninggal dunia di usia 55 tahun akibat serangan jantung di RS Hermina Surakarta pada Kamis (5/1).

Dikonfirmasi di Surakarta, Jumat, juru bicara keluarga sekaligus sahabat Diah Sujira atau Sipon, Hastin Dirgantri mengatakan, Sipon sempat mengeluh sesak napas sebelum meninggal. Sipon juga menderita diabetes, kadar gula darahnya mencapai 500 sebelum kematiannya.

Pelajari lebih lanjut di sini

5. Presiden Jokowi memberikan sinyal lain tentang “ganti” kabinet

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kembali memberi sinyal soal rencana perombakan kabinet progresif Indonesia dalam waktu dekat.

Dalam siaran pers di sela-sela kunjungan ke zona produksi minyak dan gas (Migas) Hulu Rokan Dumai PT Pertamina di Kota Dumai, Riau, Jokowi merangkum pertanyaan awak media terkait isu perubahan organisasi: “Besok.” Itu disiarkan di saluran YouTube resmi Sekretariat Presiden pada hari Kamis.

Pelajari lebih lanjut di sini

Pemberita: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Heru Dwi Suryatmojo