FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 6, 2023

JAKARTA (FaktaID) – Persatuan Sepak Bola Rusia (RFU) kembali bernegosiasi dengan UEFA, badan sepak bola Eropa, untuk kembali berkompetisi dalam olahraga tersebut menyusul situasi perang di Ukraina.

Wakil presiden FA Rusia Alexander Alife dan sekretaris jenderal FA dan mantan CEO Zenit Maxim Mitrofanov menolak mengomentari pembicaraan tatap muka mereka dengan pejabat UEFA pada Selasa (24/1) waktu setempat.

Menurut kantor berita Rusia TASS, pertemuan berikutnya akan diadakan pada bulan Februari.

Tim Rusia dilarang mengikuti kompetisi UEFA dan FIFA selama perang Ukraina, dan tidak ada keputusan lain yang saat ini ditegakkan oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Larangan ini mulai berlaku pada 28 Februari 2022. Wasit setuju bahwa konsekuensi dari membiarkan tim Rusia bermain adalah “tidak dapat diperbaiki dan mengganggu” kelancaran turnamen.

Tim nasional termasuk Polandia, Swiss dan Albania telah menolak untuk memainkan pertandingan terjadwal mereka melawan Rusia dalam satu tahun terakhir.

UEFA memindahkan final Liga Champions dari Saint Petersburg ke Paris

Selain itu, tim Rusia sendiri dilarang berpartisipasi di Piala Dunia putra dan putri, Kejuaraan Eropa, serta kompetisi klub dan pemuda Eropa.

UEFA juga mengakhiri kesepakatan sponsornya dengan perusahaan energi Rusia Gazprom dan memindahkan final Liga Champions 2022 dari Stadion Zenit Center. Petersburg, dan melarang klub dari babak penyisihan grup Liga Champions musim ini.

Di sisi lain, pejabat Olimpiade dan olahraga di seluruh dunia mengadakan panggilan konferensi minggu lalu untuk mencari cara atau sarana bagi atlet dan tim Rusia untuk bersaing di kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) akan mengadakan pertemuan pada Rabu (25/1) waktu setempat, yang diharapkan membahas masalah tersebut tepat 18 bulan sebelum upacara pembukaan di Paris.

Pada hari yang sama di Nyon, UEFA mengadakan pertemuan Komite Eksekutif, termasuk Presiden Federasi Sepak Bola Ukraina Oleksandr Dyukov dan Presiden Federasi Sepak Bola Ukraina Andriy Pavelko.

Sementara itu, UEFA tahun lalu mengonfirmasi bahwa Rusia tidak akan bermain di kualifikasi Euro 2024, yang dimulai pada Maret. Namun, Kazan masih terdaftar menjadi tuan rumah Piala Super Agustus mendatang.

Rusia Dilarang Ikut Undian Penyisihan Euro 2024

Koresponden: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ervan Sohairondi