FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 7, 2023

Di ASEAN sendiri, Anda bisa melihat pelukan, sapaan, tapi persaingan. Perebutan investasi, teknologi, semua negara

Jakarta (FaktaID) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini semua negara saling bersaing untuk mendapatkan investasi dan teknologi terkini.

Presiden Jokowi mengatakan dalam Rapat Strategi Pembangunan Keluarga Nasional: “Sepertinya ya, misalnya ada pertemuan Kelompok 20 (negara), sepertinya saling sapa, tapi semua saling bersaing. .” dan Program Keluarga Berencana dan Percepatan di Jakarta, Rabu.

Presiden Jokowi mengatakan tidak hanya di tingkat global, dalam pertemuan G20 negara-negara yang menguasai 85% perekonomian dunia, negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara juga bersaing ketat dalam hal investasi dan teknologi.

“Di ASEAN sendiri, Anda bisa melihat pelukan, sapaan, tapi juga kompetisi. Presiden Jokowi mengatakan: Perjuangkan investasi, teknologi, semua negara.

Presiden mengatakan: Oleh karena itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci penting bagi tumbuhnya daya saing negara guna menarik investasi dan mengembangkan teknologi.

“Kunci SDM berkualitas adalah SDM unggul, SDM berkualitas,” kata Presiden Jokowi.

Presiden: Rencana strategis peningkatan SDM harus dilanjutkan

Mengingat pentingnya kualitas sumber daya manusia Indonesia, Presiden meminta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menjalankan tugasnya dengan baik dalam menjaga keseimbangan pertumbuhan dan peningkatan kualitas keluarga.

“Membangun keluarga yang berkualitas memang tidak mudah, tapi saya yakin 1,2 juta PRT yang ada di BKKBN beserta para pendampingnya mampu melakukannya. Artinya SDM unggul adalah kunci daya saing bangsa.”

Pemerintah Indonesia mengandalkan investasi untuk menjaga pemulihan ekonomi pada 2023. Presiden Jokowi menetapkan target investasi tahun 2023 mencapai Rp1.400 triliun, naik dari tahun 2022 sebesar Rp1.200 triliun.

Didukung investasi, Indonesia menargetkan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,3 persen pada 2023.

“Terkait investasi, ada beberapa hal yang menilai target tahun ini Rp 1.200 triliun bisa tercapai berdasarkan data BKPM. Hanya Presiden yang meminta. Target tahun depan Rp 1.400 triliun, beberapa regulasi perlu diubah, antara lain Tentu saja, penyempurnaan peraturan pemerintah (1/11).

Bahlil Tak Mau Terlihat Bos Saat Kejar Target Investasi Rp 1,4 Triliun.
Lewati target, realisasi investasi 2022 mencapai 1.207,2 triliun dolar.

Penceramah : Pribadi Indra Arif
Editor: Risbani Fardanieh