FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 8, 2023

Palu (ANTARA) –

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menerima hasil pembangunan infrastruktur rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala sebagai bantuan percepatan pemulihan bencana dikerjakan United Nations Development Programe (UNDP).

 

“Kami mengapresiasi dukungan para pihak yang terlibat melakukan percepatan pemulihan pascagempa, tsunami dan likuefaksi melanda sejumlah daerah di Sulteng pada 2018,” kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng Arfan usai penandatanganan berita acara serah terima (BAST) dan BAST operasional proyek rehab-rekon Sulteng berlangsung di Palu, Senin.

 

Ia menjelaskan, proyek rehab-rekon dilakukan UNDP sangat memberikan manfaat terhadap daerah-daerah terdampak bencana di provinsi itu, yang mana program ini dikolaborasikan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat sehingga proses pengerjaannya berjalan dengan baik.

 

Dari proyek itu, 32 target infrastruktur terdampak bencana di wilayah Palu, Sigi dan Donggala tahun ini, sebanyak 11 diantaranya telah berhasil dipulihkan.

 

“Sejumlah infrastruktur kesehatan yang telah dipulihkan antara lain rumah sakit Anutapura Palu, rumah sakit Torabelo Sigi dan Puskesmas Malei Donggala,” ujar Arfan.

 

Kemudian, infrastruktur sektor pendidikan dipulihkan yakni satuan SMP Negeri 1 Labuan, SMP Negeri 3 Sirenja dan SMP Negeri 3 Satap Sindue di Donggala.

 

Selanjutnya, infrastruktur ekonomi masyarakat masuk dalam proyek dan telah terselesaikan yakni irigasi Jono dan irigasi Tuva; jembatan Tuva dan Pasar Omu yang semuanya berada di Sigi dan pasar Sibado di Donggala.

 

Olehnya, pemerintah kabupaten/kota penerima bantuan diharapkan dapat memanfaatkan dengan maksimal dan memelihara fasilitas yang ada.

 

“Pemerintah Sigi, Donggala dan Kota Paku selaku penerima bantuan anggarkan biaya pemeliharaan melalui anggaran pemeliharaan dan perawatan dalam (APBD) masing-masing, supaya infrastruktur tersebut dapat dijaga dengan sebaik-baiknya,” ucap Arfan.

 

Di kesempatan itu, juga dilakukan sosialisasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2022 tentang penuntasan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana Sulteng.

 

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Disclaimer :


Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website www.antaranews.com. Situs Faktaid.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs Faktaid.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber