FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 30, 2023

Trotoar ramah lansia dan disabilitas akan kita lanjutkan di sisi barat Jalan Dr. Sutomo mulai dari pertigaan Jalan Panglima Sudirman.

Madiun (FaktaID) – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur melalui Dinas Pelayanan Publik dan Tata Ruang (DPUPR) terus membangun jalur pejalan kaki yang layak untuk lansia dan penyandang disabilitas pada tahun anggaran 2023 . .

Ketua DPUPR Bina Marga Kota Madiun, Tharak Magah mengatakan, salah satu perluasan jalur pejalan kaki di sepanjang Jalan Dr. Sotomo dilakukan di sisi barat tempat penyeberangan pejalan kaki yang baru dibangun.

“Trotoar ramah lansia dan difabel akan kita lanjutkan di Jalan Dr Soetomo sisi barat mulai dari pertigaan Panglima Sudirman hingga Jalan Jawa Kota Madiun,” kata Tharoq di Madiun, Sabtu.

Menurutnya, pemugaran trotoar akan terus berlanjut sesuai perintah Walikota Madiun agar pejalan kaki di Kota Madiun harus terkoneksi atau terkoneksi untuk memberikan akses pejalan kaki.

Jalur pejalan kaki yang akan dibangun sepanjang 800 meter. Lebarnya bervariasi, rata-rata 3,5 meter. Dengan tinggi sekitar 25-30 cm.

Pemkot Madiun akan bangun delapan desa RTH dan dua desa tematik pada 2023

Penyaluran bantuan sembako oleh Pemkot Madiun untuk 478 Lansia Penyandang Disabilitas

Ia menjelaskan konsep dan material yang digunakan kurang lebih mirip dengan trotoar yang dibangun sebelumnya. Untuk merealisasikan proyek ini, Pemkot Madiun membutuhkan anggaran sekitar Rp 3,5 miliar dari APBD 2023.

Ia melanjutkan, rencana ini telah melalui sejumlah kajian dan berbagai aspek yang mengacu pada tata kota berbasis Vahana Tata Nugraha. Lebar jalan setapak tempat trotoar diletakkan tidak mengurangi volume jalan dan ramah bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia.

Ia mengatakan: “Selain itu, kami juga sedang membangun area pejalan kaki di sekitar kawasan masjid kuno Kuncen. Kemudian proyek lainnya, termasuk perbaikan jalan secara berkala berupa pengaspalan.”

Data Dinas PUPR menyebutkan, selama 2022, Pemkot Madiun menganggarkan sekitar Rp 16,7 miliar untuk penataan pedestrian dengan panjang perbaikan dan pelebaran menjadi 5,4 km.

Pembangunan tersebut meliputi Jalan Taman Praja, Jalan Mayjen Sungkono, Jalan S. Parman dan Jalan Panglima Sudirman.

Meluncurkan Proyek Pusat Peternakan Unggas Berkelompok di Kota Madiun Beznas

Puting beliung merusak puluhan rumah warga kawasan Madiun

Koresponden: Luis Rica Stovani
Editor: AgusSalim