FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 8, 2023

JAKARTA (FaktaID) – Pelatih Vietnam Park Hong Seo menilai Indonesia adalah tim kuat setelah Vietnam bermain imbang 0-0 dengan Garuda pada pertandingan semifinal pertama Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.

Usai pertandingan, Park mengatakan dalam konferensi persnya: Ya, tentu saja Indonesia adalah tim yang kuat, tapi menurut saya tim kami (Vietnam) lebih kuat.

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai Indonesia berkembang pesat sejak di bawah Shin Tae-yong dan menyusahkan timnya dalam pertandingan yang disaksikan puluhan ribu pendukung tuan rumah itu.

Pelatih berusia 65 tahun itu mengatakan: “Shin Tae-yong telah melatih Indonesia selama dua tahun, selain itu, pemain yang memiliki kewarganegaraan juga didukung.

Sepanjang pertandingan, Vietnam benar-benar mendapat tekanan dari tim tuan rumah yang mengincar kemenangan. Beruntung, kiper Deng Van Lam tampil cepat dan mampu menghentikan serangan Marcelino Ferdinand dan kawan-kawan.

Indonesia bermain tanpa gol di leg pertama semifinal melawan Vietnam

Ada juga pertarungan yang sulit, termasuk bek Doan Van Hau. Bahkan, apa yang dilakukan pemain berusia 23 tahun itu diperhatikan oleh para pemain dan penonton Indonesia.

Vietnam sebenarnya terus berusaha mencetak gol, namun tiga bek Indonesia yang dipimpin kapten Facheruddin Arianto berhasil mematahkan pola serangan mereka hingga pertandingan berakhir 0-0.

Hasil imbang di Jakarta jelas menguntungkan Vietnam, yang akan menjadi tuan rumah semifinal kedua. Sesuai jadwal, laga penentu kualifikasi final Piala AFF digelar di Stadion My Dinh Hanoi, Senin (9/1).

Indonesia setidaknya harus bermain imbang 1-1 di Vietnam jika ingin mencapai final turnamen dua tahunan itu.

Di Piala AFF 2022, gol tandang sudah diterapkan sejak masuk babak semifinal. Oleh karena itu, selama timnas Garuda bisa mencetak setidaknya satu gol di laga kedua semifinal, hasil imbang dengan poin berapa pun sudah cukup untuk lolos ke final.

Dan untuk berjaga-jaga, Timnas Indonesia harus menang di waktu normal untuk mendapatkan tiket sebagai partai utama di turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara itu.

Jokowi yakin Indonesia masih punya peluang di laga ulang melawan Vietnam

Koresponden: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M. Siddique