FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 6, 2023

Jakarta (FaktaID) – Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menyebut Kejuaraan Atletik Pelajar Indonesia (SAC) merupakan format baru untuk menggaet calon atlet atletik.

Sekjen Persatuan Atletik Seluruh Indonesia mengatakan, “Sampai saat ini PASI merekrut melalui perlombaan yang diikuti langsung oleh para atlit. Mereka datang mewakili klub atau kotanya. Nah di lomba atletik pelajar terbesar ini, konsepnya beda.” (PB PASI) Tigur Tanjong dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, kompetisi khusus mahasiswa yang diselenggarakan oleh DBL Indonesia dan didukung oleh PB PASI ini dapat membuktikan bahwa format baru ini dapat diterima dengan baik.

mengatakan: “Inilah yang membuat dukungan semakin kuat. Perlombaan lebih banyak ditonton. Terbukti dalam 9 periode penyisihan panitia mampu menyediakan lebih dari 31 ribu peserta. Ini bukti bahwa atletik milik mahasiswa. Atletik milik kaum muda.” Tigor

Dengan diadakannya lomba-lomba berbasis sekolah, diharapkan akan semakin banyak bermunculan atlet-atlet potensial, tidak hanya dari cabang atletik saja karena atletik merupakan pondasi dalam menekuni cabang olahraga apapun.

PASI berharap kerjasama dengan DBL Indonesia dapat terus berlanjut.

Tigur berkata: “Jika kami hanya mengadakan kualifikasi di sembilan kualifikasi regional musim ini, saya harap kami dapat mengadakan lebih banyak kota dan provinsi di Indonesia.”

Maria Lunda Buktikan Masih Terbaik di Lompat Jauh Putri

Sementara itu, pendiri dan CEO DBL Indonesia Azrol Ananda mengaku SAC telah mempersiapkan Indonesia untuk musim mendatang, termasuk ekspansinya.

Tampaknya atletik lebih bersemangat. Di kota kualifikasi pertama kami, di Mataram, empat ribu peserta langsung diterima. Kemudian rekor peserta dipecahkan di Surabaya (kualifikasi Jawa Timur) dengan lebih dari 5.000 peserta.”

Para juara nasional ini tidak hanya merebut gelar, tetapi juga diundang untuk mengikuti pemusatan latihan di sport science center ternama di Australia, lanjut Azrol.

Sebanyak 336 pelajar putra dan putri bertanding dalam Kejurnas Energen Champion SAC Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno Madya, Jakarta, 12-13 Januari.

Mereka adalah mahasiswa berstatus juara dan pemenang kedua Dari 9 kualifikasi regional juga 3 rekor terbaik Untuk lima nomor pertandingan yaitu sprint, estafet, jarak menengah, lompat jauh dan tolak peluru. Sebelum memasuki babak puncak kejuaraan nasional ini.

Energen Champion SAC Indonesia digelar dalam 9 regional qualifier yang digelar sejak akhir Agustus hingga pertengahan Desember 2022.

Kesembilan daerah tersebut adalah Bali Nusa Tenggara (di Mataram), Papua (di Mimika), DI Yogyakarta (Yogyakarta), Kalimantan (di Banjarmasin), Jawa Timur (di Surabaya), Sumatera Utara (di Medan), DKI Jakarta dan Banten (di Jakarta), Jawa Barat (di Bandung) dan Jawa Tengah (di Semarang).

Tim Atletik Nasional Berupaya Setidaknya Dua Kali Jelang Sea Games

Koresponden: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M. Siddique