FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 30, 2023

Hanoi, Vietnam (FaktaID) – Pelatih kepala timnas Vietnam Park Hang-su bangga timnya akhirnya mengalahkan Indonesia di Piala AFF untuk pertama kalinya dalam 26 tahun saat menang 2-0 di leg kedua AFF 2022. mereka menang Semifinal Piala FA, Senin (9/1).

“Sebelum pertandingan, saya mengatakan kepada para pemain untuk memenangkan pertandingan agar generasi baru Vietnam tidak terbebani lagi,” kata Park pada konferensi pers setelah pertandingan di Stadion Nasional My Dinh di Hanoi.

Kemenangan terakhir Vietnam melawan Indonesia di Piala AFF sebelum edisi 2022 terjadi di Piala AFF 1996, saat Vietnam mengalahkan Indonesia 3-2.

Bukan hanya pemecah rekor, keunggulan dua gol Vietnam tanpa balas di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 membuat mereka melaju ke final turnamen.

Bagi Park Hung Seo, ini merupakan final Piala AFF keduanya sejak bergabung dengan timnas Vietnam pada 2017. Ia juga berpotensi membawa Vietnam kembali meraih kemenangan, seperti pada 2018 lalu.

Terkait hal itu, Park mengapresiasi kinerja anak asuhnya yang selalu berjuang saat bertanding di lapangan.

Pria berusia 64 tahun itu mengatakan: Performa para pemain bagus dan mereka menunjukkan semua upaya mereka untuk membawa tim ke final.

Nguyen Thien Linh, striker timnas Vietnam pun mengapresiasi performa seluruh rekannya di tim berjuluk “Golden Warriors”.

Nguyen Thien Lin menegaskan, dua gol yang dicetaknya dalam kemenangan melawan Indonesia tidak lepas dari kontribusi rekan setimnya.

“Penampilan saya sangat bagus dan karena itu saya percaya diri. Namun, yang penting saya bisa membantu tim untuk kembali ke final Piala AFF. Saya harap kami bisa menjadi yang terbaik lagi di turnamen ini,” ujarnya. . Pemain yang bergabung dengan striker Thailand Teerasil Dangda dengan lima gol untuk sementara dalam daftar pencetak gol terbanyak Piala FA 2022.

Timnas Winnipeg melaju ke babak semifinal Piala AFF 2022 setelah kalah 2-0 melawan perlawanan Indonesia, dimana semua gol dibeli oleh striker Nguyen Thien Linh, pada leg kedua semifinal di My Stadion Nasional Dinh. Hanoi, Senin (9/1).

Ini adalah final Piala AFF keempat bagi Vietnam setelah 1998, 2008, dan 2018. Dari tiga final tersebut, Vietnam dua kali menang, pada 2008 dan 2018.

Di final Piala AFF 2022, Vietnam akan menghadapi pemenang semifinal lainnya yang mempertemukan Malaysia dan Thailand di final.

Leg kedua semifinal antara Thailand dan Malaysia digelar Selasa (1/10) di Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand. Thailand kalah 1-0 pada leg pertama di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sedangkan bagi timnas Indonesia, kekalahan melawan Vietnam membuat mereka gagal mencapai target PSSI menjuarai Piala AFF 2022.

Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022 Usai Kalah 0-2 dari Vietnam
Park: Ubah taktik jadi kunci kemenangan Vietnam atas kekalahan Indonesia
Shin Tae-yong meminta maaf kepada fans setelah gagal mencapai final AFF

Pengkhotbah: Michael Sihan
Editor: Dadan Ramdani