FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 28, 2023

Jakarta (FaktaID) – Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Madya (JPT) mengumumkan tujuh dari 10 pelamar dinyatakan lulus tes kualifikasi lapangan untuk jabatan Sekretaris Daerah DKI Jakarta menggantikan Marallah Metali.

Ketua Panitia Seleksi Terbuka JPT Madya Suhajar Diantoro di Jakarta, Selasa, menandatangani hasil uji kualifikasi lapangan tujuh calon sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2023.

Kandidat yang mengikuti tes kualifikasi diwajibkan menyerahkan makalah kepada panitia.

Terkait hasil uji kompetensi ketujuh jabatan tersebut, skor tertinggi diperoleh Siaflu Hedayat yang merupakan inspektur DKI Jakarta dengan nilai 80,30.

Kemudian runner up yakni Michael Rolandi Sessanta Brata yang menjadi Kepala Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta dengan skor 79,90.

Pemprov DKI Buka Pendaftaran Sekda

Di urutan ketiga adalah Dani Sukma yang merupakan Wali Kota Jakarta Pusat dengan 79,20 poin, disusul Joko Agus Setyonu yang merupakan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bali dengan 78,10 poin.

Selain itu, Bayo Magantara yang merupakan Kepala Badan Birokrasi dan Reformasi Birokrasi Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta mencapai 77,40. Kemudian Direktur Eksekutif BPBD DKI Isnawa Adji dengan poin 77,30.

Posisi terakhir ditempati oleh Benni Aguscandra yang merupakan Ketua Bidang Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta dengan skor 76,50.

Sedangkan tiga peserta lainnya, yakni Junadi (Raja Muda Kepulauan Seribu), Wahiu Hariyadi (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta) dan Sigit Wiatmuku (Asisten Menteri Negara DKI Jakarta) tidak diterima.

Panitia Seleksi Umumkan Seleksi 10 Calon Sekda DKI

Sesuai jadwal ujian, ujian manajemen akan diselenggarakan di Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 16-25 Januari 2023. Kemudian wawancara dengan panitia seleksi pada 30-31 Januari 2023 dan pengumuman final pada 2 Februari 2023.

Bobot tertinggi dalam evaluasi seleksi adalah wawancara dengan panitia seleksi dengan bobot 35%, tes manajerial dan sosial budaya 25%, kemudian kualifikasi lapangan dan rapor masing-masing bobot 20%.

Untuk hasil akhir, panitia seleksi mengirimkan hasil evaluasi rata-rata jabatan dan memilih tiga calon berdasarkan urutan nilai tertinggi untuk disampaikan kepada gubernur sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

PPK nantinya akan mengusulkan tiga nama calon yang diseleksi panitia seleksi kepada Presiden dan nantinya Kepala Negara akan memilih calon Sekretaris Daerah.

Haru Marullah Tunjuk Mattali Sebagai Wakil Gubernur DKI

Pengkhotbah : Deva Ketut Sudyartha Viguna
Editor: Seri Moriono