FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 6, 2023

Jakarta (FaktaID) – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menargetkan ratusan peserta mengikuti Turnamen Catur Indonesia Masters III di Gedung MPR RI Nusantara V, Jakarta, 11 Maret.

Ketua MPR dan Ketua Dewan Pembina Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Bambang Suatiu mengatakan, sejak 2020 pihaknya terus berupaya untuk berkontribusi memberikan wadah bagi pecatur untuk berlaga di tanah air.

“Sejak tahun 2020, MPR terus menggelar turnamen catur untuk Piala Presiden RI, yaitu Indonesia Masters I pada Juni 2020, Indonesia Masters II pada Juni 2022, dan kali ini Indonesia Masters III,” kata Bambang dalam laman resmi MPR pada Maret 2023 lalu. . , Senin

“Selain mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan prestasi atlet catur, penyelenggaraan Piala Master Indonesia bagi Ketua MPR RI juga untuk memajukan catur di berbagai tingkatan,” tambah Bamsuet, sapaan akrab Bambang Suatio.

Hari ini, Bamsuet bertemu dengan manajemen PB Percasi serta Panitia Turnamen Catur Indonesia Master III Ketua MPR RI di Jakarta.

Ia mengungkapkan, sejak GM Utut Adianto menjadi presiden PB Percasi pada 2017 dan dikukuhkan sebagai presiden International Chess Federation (FIDE) Asia Region 3.3 pada Agustus 2022, catur di Indonesia terus berkembang pesat.

Salah satunya, pada Sea Games Filipina 2019, catur memberi tim Indonesia dua medali emas. masing-masing dari Susanto Megaranto di Blitz Chess dan Medina Olia di Blitz Chess Wanita. Selain itu, Indonesia juga berhasil meraih medali perak di cabang catur blitz putri melalui Chelsea Seehit.

“PB Percasi telah melahirkan banyak International Grand Master (GM) di divisi putra sejak didirikan pada tahun 1948. Misalnya GM Herman Suradiraja, GM Smart Barros, GM Eddie Handoko, GM Ruben Gunawan, GM Otot Adianto, GM Susanto. Megaranto, GM Ardiansyah dan GM Novendra Priasmoro serta dua Grand Master Wanita Internasional, WGM Irene Kharisma Sukandar dan WGM Medina Warda Aulia.”

Dijelaskannya: Upaya mencetak GM baru terus dilakukan dengan menggelar sebanyak mungkin turnamen berkualitas, salah satunya Piala Master Indonesia untuk presiden MPR RI.

Diungkapkannya pula, berbagai prestasi catur Indonesia lainnya terlihat dari tim Olimpiade Catur Indonesia, baik tim putra maupun putri, yang mampu meraih peringkat pada Olimpiade Catur ke-44 di Chennai, India, 28-9 Juli mendatang. 2022.

Tim putri mampu mencapai 25 tim teratas dunia dengan peringkat 24 dari 162 tim. Sedangkan tim putra Indonesia berada di peringkat 34 dari 188 tim dunia.

“Di Malaysia Open 2022 juaranya General Motors Navendra Priyasmuru, sedangkan pecatur muda Aditya Bagus Arfan juara Rapid Chess dan Lightning Chess,” ucapnya lagi.

Prestasi lain diberikan oleh grandmaster putri Irene Kharisma Sukandar yang menjadi pecatur wanita pertama yang menjuarai Turnamen Catur Cepat 50 Hari Nasional UEA 2021 yang diadakan pada 1-2 Desember di Klub Catur Dubai, UEA, mengukir sejarah. 2021, “Pungkas Bamsuet.

202 Pecatur Ikuti “Kompetisi Catur Sudirman”.
GM Navendra juara Japfa Christmas Cup 2022 Rapid Chess Tournament
PB Perkasi menjuarai turnamen catur cepat di akhir tahun 2022

Pengkhotbah: Mohammad Ramadhan
Editor: Dadan Ramdani