FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 6, 2023

Jakarta (FaktaID) – Menteri Olahraga dan Pemuda Zinuddin Amali mengatakan pihaknya menyambut baik aspirasi Special Olympics Indonesia (SOIna) menjadi tuan rumah Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2031.

“Kami baru saja mendiskusikannya dengan General President SOINA. Kami menyambut keinginan Penawaran tender Sebagai tuan rumah, siapa tahu di tahun 2031 kita terpilih (sebagai tuan rumah SOWSG). Kalau bagus, kita laporkan ke presiden.”

Selain itu, Zinodine menilai hal tersebut sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo agar Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Indonesia Siap Bersaing dengan Qatar di Olimpiade 2036

“Kalau berhasil, saya harap apa yang ditegaskan Presiden untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 (bisa tercapai),” ujarnya.

Jika berhasil (terpilih sebagai tuan rumah SOWSG 2031), maka Indonesia memiliki keuntungan besar untuk ditunjuk sebagai tuan rumah (Olimpiade 2036). Saya berharap impian kita akan menjadi kenyataan dan olahraga kita akan menjadi lebih mulia.

Optimisme Manpura bukan tanpa alasan. Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah menjadi tuan rumah banyak acara bergengsi – baik nasional maupun internasional.

Pada tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga Asia, Asian Games, di Jakarta dan Palembang.

Sementara itu, tahun ini, F1 Powerboat atau FI H20 World Series digelar akhir Februari di Danau Toba, Sumatera Utara.

Danau Toba Jadi Tuan Rumah F1 Kapal Motor Hingga 2027
Menpora: Danau Toba jadi sorotan dunia sebagai tuan rumah F1H2O

Selain itu, Indonesia juga akan menjadi salah satu tuan rumah FIBA ​​World Cup 2023 yang akan diselenggarakan dengan partisipasi 8 negara. Tidak sampai disitu saja, ada juga FIFA U-20 World Cup yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 20 Mei 2023.

Acara lainnya adalah ANOC World Beach Games di Bali pada bulan Agustus.

Menpora pun memastikan Indonesia siap menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional tersebut.

“Kami sudah mempersiapkan diri dengan baik. Dari FIFA (Piala Dunia U-20), FIBA ​​​​(Piala Dunia), ANOC World Beach Games hingga PON.

SOIna Harapkan Dukungan Publik untuk Tim Indonesia di SOWSG 2023

Koresponden: Arnidhya Nur Zhafira