FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 8, 2023

Big Four Kings legendaris bulutangkis, Taufik Hidayat, Lin Dan, Lee Chong Wei, dan Peter Gade.

INDOSPORT.COM – Kompetisi Malaysia Open menjadi salah satu catatan kejayaang bagi Big Four sektor bulutangkis tunggal putra. Lee Chong Wei menjadi peraih gelar terbanyak.

Sebagai pemain tunggal putra terbaik sepanjang sejarah bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei adalah peraih gelar terbanyak di kompetisi ini.

Mengawali kejayaan pada 2004, Lee Chong Wei mampu meraih tiga gelar beruntun sebelum diputus Peter Gade pada 2007.

Hanya saja, selepas Malaysia Open 2007, total 7 gelar mampu diraih Lee Chong Wei secara beruntun dari 2008-2014.

Diputus Chen Long yang mampu mendapatkan gelar di 2015, Lee Chong Wei mampu mendapatkan gelar di tahun 2016 dan 2018 lalu.

Dengan kata lain, ada total 12 gelar Malaysia Open yang diraih Lee Chong Wei dan menjadi yang terbanyak di antara big four. Akan tetapi, bagaimana dengan tiga pemain lainnya? berikut rangkumannya.

Peter Gade (1998)

Dari big four, Peter Gade menjadi pemain pertama yang muncul dan menjuarai Malaysia Open di tahun 1998.

Ini merupakan gelar pertama Peter Gade di Malaysia Open sebelum kembali meraihnya di tahun 2007 dengan mengalahkan pemain China, Bao Chunlai.

Pada tahun 2007, terjadi duel pemain Denmark di semifinal, yaitu ketika Peter Gade mengalahkan Kenneth Johansen. Sementara, pada bagan sebelahnya, Bao Chunlai lolos usai Chen Hong walk out.

Bahkan, gelar Malaysia Open 1998 adalah yang pertama sejak 1967, ketika Denmark diwakili oleh sang legenda, Erland Korps.

Sepanjang sejarah gelaran Malaysia Open, hanya sedikit pemain Denmark yang mampu menunjukkan kedigdayaannya setelah Erland Korps dan Peter Gada. Viktor Axelsen pun menjadi pemain ketiga yang mendapatkannnya pada 2022.