FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 6, 2023

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM – Media Vietnam mengungkapkan kekagumannya dengan beban berat Shin Tae-yong menangani empat kategori usia Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong resmi diperkenalkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada Desember 2019 lalu.

Tak main-main, mantan pelatih timnas Korea Selatan itu langsung menangani empat kategori usia timnas Indonesia yakni pada U-19, U-20, U-23 dan senior.

Tak hanya itu, Shin Tae-yong juga dibebani target tinggi di seluruh kategori usia. Hal ini turut membuat media Vietnam, Soha, takjub dengan peran yang diemban juru taktik Korea Selatan itu.

“Pelatih Shin Tae-yong ditunjuk oleh Federasi Sepak Bola Indonesia sebagai pelatih timnas. Namun, ia tak hanya memimpin tim senior ia juga melatih U-19 hingga U-23,” tulis media Vietnam.

“Menurut penilaian pakar sepak bola Asia Tenggara, Shin Tae-yong telah melakukan pekerjaan yang sangat baik di Indonesia jika dilihat dari rekor banyaknya pekerjaan yang diembannya,” sambung Soha.

Tentu, kiprah Shin Tae-yong di timnas Indonesai bisa dibilang tidak main-main. Meski gagal melaju ke babak final Piala AFF 2022, ia telah menorehkan tinta emas di kubu timnas Indonesia.

Yakni berhasil meloloskan timnas Indonesia U-20 ke Piala Asia 2023 dan berhasil keluar sebagai juara grup. Sebagai informasi, timnas U-20 tergabung di Grup A bersama Uzbekistan, Irak dan Suriah.

Selain itu, Shin Tae-yong juga meloloskan timnas Indonesia senior ke Piala Asia 2023 dengan menjadi runner up grup terbaik usai mengalahkan Kuwait di babak kualifikasi.

Sementara itu, beban berat Shin Tae-yong juga berlanjut di Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.