FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 28, 2023

Gorontalo (FaktaID) – Menteri Olahraga dan Pemuda Zainuddin Emali bertemu dengan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) di Pendopo Kantor Bupati, Bualmo, Provinsi Gorontalo, Senin.

Dalam kesempatan itu, kata Manpura, guru olahraga berperan penting dalam membentuk manusia yang tangguh, sehat jasmani dan rohani serta mampu bersaing dengan negara lain.

Menurutnya, guru olahraga terpinggirkan dibandingkan dengan guru disiplin ilmu lain.

“Biasanya guru penjas bukan guru mata pelajaran seperti guru lainnya. Dia bukan guru utama,” kata Manpora.

Ia ingin guru olahraga setara dengan guru mata pelajaran lain.

“Pendirian IGORNAS di seluruh daerah merupakan upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat guru penjasorkes di seluruh Indonesia. Sekarang guru mata pelajaran yang organisasinya di tingkat nasional hanya guru penjasorkes. Bahkan sekretariatnya ada di Kemanpura Kantor, kata Manpura.

Manpura juga melihat perkembangan positif terkait apresiasi dan penghargaan terhadap guru penjasorkes.

“Dulu guru penjasorkes sangat sulit menjadi kepala sekolah. Sekarang saya mendapat laporan bahwa banyak guru penjasorkes yang menjadi kepala sekolah. Jadi sekarang guru penjasorkes tidak boleh lagi merasa minder dan tidak boleh merasa terpinggirkan,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Hamka Hendra Nuer menyambut baik kehadiran Zainuddin Amali di Gorontalo. Amali bahkan diberi sambutan seremonial oleh Gorontalo karena baru pertama kali menginjakkan kaki di Bualmo sebagai pejabat pemerintah.

“Saya ingat Pak Menteri datang ke Gorontalo pada 23 Januari 2000. Saat itu saya masih menjabat Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga. Hari ini, Pak Menteri datang lagi di tanggal yang sama, 23 Januari 2023,” ujar Hamka.

Ia berharap para guru penjasorkes dapat membantu meningkatkan kemajuan siswa di Gorontalo.

Mantan atlet itu dikukuhkan sebagai profesor ilmu keolahragaan di Universitas Onja
Kata Manpura: Guru olahraga berperan dalam menjaring atlet-atlet berbakat di usia muda.
Manpura: Prestasi tanpa desain olahraga nasional adalah kebetulan
Menpora desak guru penjasorkes di seluruh Indonesia terapkan DBO

Koresponden: Advinatha Solihin
Editor: Dadan Ramdani