FaktaID

Informasi Berita Terupdate

April 2, 2023

Pohon tumbang menimpa Air Lengit menyebabkan kerusakan jaringan

Natuna (FaktaID) – Layanan listrik terputus di tiga kecamatan di Natuna, Provinsi Kepulauan Riao, setelah pohon tumbang menimpa tiang dan kabel jaringan akibat angin kencang yang menerpa Senin dini hari.

Yang terkena dampak adalah: Jaringan SP1-Air Lengit Kabupaten (Kabupaten Bunguran Tengah), Bunguran Batubi dan Bunguran Utara (Kelarik).

Kepala Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Ranai Boni Sofianto mengatakan di Ranai, Natuna, “Penyebab pemadaman terpantau di sistem SP1-Kelarik, dampak pemadaman saat ini Air Lengit-Batubi-Kelarik.” Senin.

Ia juga mengatakan: Untuk jaringan yang rusak akibat tertimpa pohon, petugas sudah melakukan pembersihan di Air Langit.

Ia mengatakan: Sudah diimunisasi dan disterilkan sehingga aman dan tidak mengganggu lalu lintas jalan.

Ia juga mengatakan, perbaikan jaringan segera dilakukan agar layanan kelistrikan di wilayah tersebut segera kembali normal.

Boni mengatakan: Pekerjaan perbaikan jaringan yang rusak akan dilakukan pagi ini.

Dia juga mengatakan, perluasan terbaru untuk area SP1 menuju Air Lengit telah dimulai kembali, namun lokalisasi dan pemadaman jaringan sementara masih berlangsung.

“Karena ada pemutusan jaringan yang terganggu,” ujarnya.

Informasi kondisi jaringan juga disampaikan Hendra Terry, petugas PLN Ranai yang sedang melakukan perbaikan di lokasi yang rusak.

Ia mengatakan: Kami mohon maaf atas dampak dari pohon tumbang di area Air Langit yang menyebabkan kerusakan parah pada jaringan TM.

Ditambahkannya, saat ini listrik Air Langit ke Batubi-Klarik masih terputus karena masih satu arah.

Dia juga mengatakan, persiapan yang matang diperlukan untuk keselamatan petugas karena kondisi cuaca buruk terus berlanjut di Natuna.

Ia menjelaskan: Terkait upaya perbaikan, baru bisa kami lakukan pagi ini (Senin), mengingat harus menyiapkan peralatan dan personel yang cukup baik, selain itu kami menunggu kondisi aman untuk melakukan perbaikan. . . .

Pembersihan pohon tumbang juga dibantu oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Natuna dan warga setempat.

“Akibat pohon tumbang, ada sekitar enam tiang yang rusak,” kata Sholah, warga sekitar yang membantu membersihkan dahan pohon di Air Langit.

Selain itu, kata dia, warga dan petugas terus bergotong royong menebang pohon yang berpotensi mengganggu jaringan listrik di daerah tersebut.

“Khusus di Air Langit satu tempat, hanya karena ada beberapa pohon yang dianggap memprihatinkan, warga dan BPBD serta PLN langsung menebang pohon tersebut pagi-pagi sekali,” ujarnya.

Rumah Warga Natuna Tertimpa Pohon Akibat Angin Kencang

Dua rumah warga Natuna rusak diterjang angin kencang

Dua rumah warga Natuna rusak diterjang angin kencang

Pemberita: Cherman
Diedit oleh: Zita Mirina