FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 27, 2023

FaktaID – Persib Bandung melarang Bubotoh menyalakan suar saat pertandingan Liga 1 Pekan 11 2022-2023 yang ditunda melawan Persija Jakarta, Rabu (23/11/2011).

Akibat nyala api yang disulut Bubotuh saat pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung itu, Persib didenda total oleh Komite Disiplin (Komdis) PSSI. 120 juta

Menyusul pelanggaran selanjutnya pada laga tunda pekan ke-11 kompetisi League One 2022-2023, Freddie Boboth-lah yang membuka spanduk provokatif dan diskriminatif.

Satu dari dua pemain yang diakui cemerlang pada laga melawan Persia Jakarta adalah Agi Norpadileh (22).

Prasib memberlakukan larangan bagi orang yang menghidupkan Boboto, yakni larangan menonton pertandingan tim Maung Bandung secara langsung di stadion.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tejajuno mengatakan dalam keterangan yang diterima, “Larangan Persib terhadap oknum suporter adalah larangan menonton pertandingan Persib secara langsung di stadion.” INDOSPORTSabtu (21/01/23).

“Untuk itu, Persib juga memblokir akses oknum suporter tersebut untuk membeli tiket dan memblokir akun mereka seumur hidup,” kata Teddy.

Hukuman ini sengaja diberikan Persib kepada Fred Boboto yang sempat menyalakan obor untuk pencegahan. Agar kedepannya tidak ada lagi tindakan yang merugikan tim dan Boboto.

Boboth sendiri mengakui kesalahannya dalam menyalakan suar dan meminta maaf kepada Persib dan Boboth dalam pernyataan yang ditandatanganinya, karena perbuatannya mencoreng nama baik Persib dan Boboth.

Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Saya tidak akan mengulangi perilaku ini dan saya juga siap untuk meminta maaf secara terbuka di jejaring sosial.

Dia menambahkan: “Jika saya mengulangi tindakan ini di masa mendatang atau melanggar pernyataan ini, saya siap menerima sanksi hukum berdasarkan undang-undang yang mengatur negara kesatuan Republik Indonesia.”