FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 29, 2023

JAKARTA (FaktaID) – Direktur Departemen Lelang Barang Milik Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Joko Pari Hanto mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penipuan bernama lelang yang marak di media sosial.

“Baik melalui WhatsApp maupun melalui telepon, ada orang yang menawarkan lelang mobil mewah dan langsung meminta uang untuk ditransfer,” kata Joko dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat. Ia mencontohkan lagi, penipu kerap meminta masyarakat mengirimkan uang muka (DP) untuk membeli barang lelang.

“Sebenarnya kalau lelangnya benar, tidak ada DP, tapi ada uang jaminan yang disetorkan di KPKNL (Kantor Pelayanan dan Lelang Barang Milik Umum),” imbuhnya. Dalam hal terjadi penawaran lelang suatu produk dengan harga yang tidak wajar, baik melalui iklan, telepon maupun media sosial, masyarakat dapat meminta pengesahan lelang kepada DJKN Kementerian Keuangan dengan menghubungi 150 991 atau Instagram dan Twitter DitjenKN. media sosial

Dia menekankan: “Silakan hubungi kami melalui telepon, kami akan memberikan informasi yang dapat dipercaya apakah pemberitahuan ini benar atau tidak. Jadi konfirmasi dulu, jangan mentransfer uang ke penipu dulu, baru hubungi DJKN.” Selain itu, Joko juga meminta masyarakat yang ingin membeli barang lelang untuk bertransaksi melalui website pemerintah lelang.go.id.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mencatat pelaksanaan lelang induk pada 2022 mencapai Rp35,23 triliun atau 117% dari target Rp30 triliun.

Kementerian Keuangan Optimis Potensi Resesi Global Tak Pengaruhi Lelang 2023

Kemenkeu: 936 Usaha Kecil Menengah Akan Jual Barang Melalui Platform Lelang Pemerintah pada 2022.

Koresponden: Sanya Dinda Susanti
Editor: Budi Suyanto