FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 28, 2023

JAKARTA (FaktaID) – Berbagai peristiwa hukum di Indonesia bermula pada Kamis (12/1/12) dengan isu tersangka korupsi Asabari yang divonis pengangkatan Ridwan Rusokun sebagai pelaksana harian gubernur. Papua

Berikut berita hukum yang dirangkum FaktaID.

Asaberi Beni Tjokrosaputro, tersangka korupsi, divonis nol

Majelis hakim Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta menjatuhkan vonis nihil dan kewajiban membayar ganti rugi Rp 5,733 triliun kepada direktur utama PT Hanson International Tbk. Benny Tjokrosaputro dalam kasus korupsi terkait pengelolaan dana dan pencucian uang PT Asabri (Persero).

Dikatakannya, “Di persidangan, terdakwa Benny Tjokrosaputro telah membuktikan secara sah dan meyakinkan kesalahannya melakukan tindak pidana korupsi administrasi sebagaimana dakwaan awal pertama dan pencucian uang dalam dakwaan awal kedua. nol.” Ketua Mahkamah Agung Ignatius Eko Purwanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

AHY berharap masyarakat Papua menerima proses hukum Lucas Enembe

Ketua Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono berharap masyarakat Papua menerima proses hukum yang ditempuh Gubernur Lucas Enembe.

“Kami berharap masyarakat Papua juga dapat menerima keadaan ini dengan baik, tetap tenang dan juga memberi ruang agar proses hukum dapat berjalan dengan baik,” ujarnya di kantor DPP di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

Komnas HAM: Mengungkap kematian warga sipil di Papua secara akuntabel

Komnas HAM meminta Polda Papua mengungkap penyebab tewasnya seorang warga sipil dan dua orang lainnya yang terluka saat kerusuhan di wilayah itu secara profesional, objektif, dan akuntabel.

“Kumnas Ham mengimbau semua pihak untuk tidak melakukan tindakan yang mengarah pada peningkatan konflik dan meluasnya kekerasan di wilayah Papua,” kata Ketua Komnas Ham Atnik Nua Sijiro, Kamis di Jakarta.

Baca selengkapnya di sini

Polda Jatim telah menetapkan Feri Irvan sebagai tersangka kasus KDRT

Kepolisian Daerah (Pulda) Jawa Timur menetapkan Feri Irawan sebagai tersangka kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang diduga dilakukannya terhadap istrinya, Vena Melinda.

“Ada kasus yang diajukan kemarin dan ditetapkan adik Phi (Ferry Irwan) menjadi tersangka,” kata Kabid Humas Polda Jatim Paul Dirmanto di Surabaya, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

Ridwan Ruusukun menjadi pelaksana harian Gubernur Papua

Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Mohd Ridwan Rosukon, telah ditetapkan sebagai pelaksana tugas harian (Plh) Gubernur Papua karena Lucas Enembe ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka.

Penunjukan Rezwan sebagai Pj Gubernur Papua berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mandagari) Nomor 100/326/184/SJ tanggal 11 Januari 2023 tentang pengangkatan Sekretaris Daerah Papua sebagai Pelaksana Harian. Tugas (Plh) Gubernur Papua.

Baca selengkapnya di sini

Kemarin, Isu Intervensi Istana Jokowi Membuatnya Lewati Koka
Kejahatan Kemarin, Kasus Amputasi, ATM Rusak di Kota Toa
UU PPSK Bermasalah Kemarin Hingga KPK Membekukan Rekening 76,2 Miliar Rial.
.

Pemberita: Putu Indah Savitri
Editor: Anton Santoso