FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 28, 2023

Dia belum menerima keputusan resmi hingga pagi ini. Tentu saja, dasar implementasi kami adalah keputusan resmi.

Bandung (FaktaID) –

Pengadilan Tinggi Jawa Barat (Kajati) menunggu putusan resmi dari Pengadilan Tinggi (MA) terkait kasus asusila para mahasiswa untuk melaksanakan hukuman mati Harry Wirawan.

Kejaksaan Tinggi Jabar Asp N Mulyana mengaku hingga Senin, pihaknya belum menerima berkas putusan dari Pengadilan Tinggi. Mahkamah Agung sebelumnya telah memutuskan untuk membatalkan hukuman mati Harry Weerawan yang dijatuhkan oleh Pengadilan Tinggi Bandung.

“Sampai pagi ini kami belum menerima keputusan resmi. Tentu dasar eksekusi kami adalah keputusan resmi,” kata Asep, Senin di Kejaksaan Tinggi Jabar, Kota Bandung.

Menurut dia, pihaknya masing-masing akan melakukan kajian secara detail dan komprehensif terhadap putusan tersebut baru setelah menerima kasus tersebut. Harry Weerawan saat ini masih berada di Rutan Kebonwaru Bandung.

Asp berkata: Kami, para eksekutif, harus tahu persis kata demi kata, kalimat demi kalimat.

Sementara menurutnya, jangka waktu proses eksekusi tergantung pada upaya hukum Harry. Jika tidak ada masalah dengan hak Harry, pihaknya bisa melakukan eksekusi.

Apakah nanti tergugat melakukan upaya hukum luar biasa atau tidak, ujarnya. Orang berikutnya akan mengkonfirmasi berapa lama.”

Selain itu, menurutnya, kejaksaan tidak hanya fokus pada eksekusi terpidana. Karena menurutnya, nasib korban asusila Harry juga harus dilindungi oleh semua pihak.

Wartawan: Baik, Ahmad Rizaldi
Editor: Bodhisantoso Budiman