FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 28, 2023

Makassar (FaktaID) – Empat tersangka kasus narkoba yakni FN sa, RC dan Ra divonis 20 tahun penjara dan hukuman mati.

“Empat tersangka yang terlibat kasus narkoba seberat lebih dari 40 kilogram itu terbukti melanggar Pasal 114 Pasal 2 Pasal 114,” kata Kapolda Sulsel Irjen Pol. Nana Sujdana di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan: Undang-undang ini terkait dengan narkotika, serta pasal 55 KUHP dan pasal 62 UU No 5 Tahun 1376 tentang psikotropika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara seumur hidup atau eksekusi.

Menurutnya, penuntutan dan penjatuhan pidana merupakan kewenangan jaksa dan hakim.

Ia mengatakan, para tersangka yang merupakan kurir masing-masing menerima 10 juta Rial, dengan pembagian 4,5 juta Rial dan 5,5 juta Rial.

Sementara RC dan RA berperan mengumpulkan dan mendistribusikan barang-barang tersebut di sejumlah wilayah di Sulawesi, antara lain Palu dan Kendra.

Kurir telah mendistribusikan 105 paket ke Makassar Palu dan Kendari, sedangkan 43,6 gram sisanya, yang sebagian besar ditemukan di sebuah hotel di Surabaya, belum didistribusikan karena sudah ditangkap polisi.

Sedangkan tersangka lain yang juga berjumlah 4 orang masih dalam daftar pencarian orang (DPO) yakni berinisial IN yang berperan memberikan pekerjaan kepada tersangka RT dan RA.

Kemudian tersangka lain “A.M” berperan mengirimkan uang dan akomodasi untuk dua kurir.

Terkait hal itu, Polda Sulsel telah mengajukan kasus dan menelusuri klaim pemasok jaringan internasional melalui jalur laut.

 

Barang bukti sabu seberat 43,6 kilogram dan puluhan ribu butir ekstasi dilepas sebagai barang bukti di Polres Kota Makassar, Kamis (12/1/2013). FaktaID / Mappong Suriah

Koresponden: Suryani Mappong
Editor: Agus Setivan