FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 27, 2023

Jakarta (FaktaID) – Komisi Nasional Haji dan Umrah mengumumkan kenaikan biaya haji yang diajukan Kementerian Agama dalam rapat bersama Komisi VIII DPR RI hanya untuk kepentingan rakyat. Keberlanjutan keuangan haji

“Sulit untuk mencegah kenaikan biaya haji karena kenaikan tersebut disebabkan oleh komponen permintaan yang berbeda, baik di Indonesia maupun Arab Saudi,” kata Mustalih Siraj, Ketua Penyelenggara Haji dan Umrah Cumens di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Choleil Qomas dalam rapat bersama Komisi VIII Republik Demokratik Republik Rakyat Iran mengusulkan biaya rata-rata perjalanan haji tahun 1444 H/2023 sebesar 69.193.733 Rudra per orang. .

Rata-rata biaya umroh meliputi 70% dari rata-rata biaya umroh (BPIH) sebesar Rp98.893.909 per orang atau meningkat sebesar Rp514.888 dibandingkan tahun sebelumnya.

Mustolih mengatakan, kenaikan biaya haji merupakan konsekuensi yang sulit dihindari, apalagi jika dibandingkan dengan menggunakan acuan biaya sebelum pandemi tahun 2019.

Dia melanjutkan: Biaya transportasi udara juga meningkat karena adanya pesawat terbang, hotel, akomodasi, transportasi darat, katering, obat-obatan, peralatan medis, dll, terlepas dari pengaruh inflasi, sehingga biaya haji harus dengan ini Sesuaikan kondisi. ,” Dia berkata.

Kamans Haji berharap Kementerian Agama mengutamakan jemaah lanjut usia.

Dia mengatakan: Rencana biaya pendidikan yang diusulkan oleh Menteri Agama adalah upaya untuk merasionalisasi, menstabilkan, dan sehat secara finansial.

Menurutnya, hal itu karena selama ini subsidi kepada BPIH yang didukung dana subsidi dari pengembalian pengelolaan keuangan haji terlalu tinggi dan biasanya tidak sehat.

Dia berkata: “Oleh karena itu, langkah berani harus diambil untuk reformasi dan keseimbangan. Hak dan kepentingan jutaan jamaah yang menunggu juga harus dilindungi.”

Meski demikian, Mastouli berharap usulan kenaikan biaya haji tetap ditekan dengan melakukan kombinasi komponen biaya yang efisien yang dapat ditekan tanpa mengurangi dan mempengaruhi kualitas layanan haji.

Ia juga berharap agar kredit haji tidak hanya disosialisasikan kepada masyarakat umum mengenai biaya perjalanan biasa, tetapi juga pelaksanaan biaya haji khusus dengan travel management (penyelenggara haji khusus).

Dia mengatakan: Publikasinya juga penting karena ribuan orang adalah calon jamaah haji khusus.

Kemenag Usulkan Biaya Perjalanan Haji Rata-Rata Rp 69 Juta Per Orang
BPKH: Penyesuaian biaya haji tak bisa dihindari
Medzkara Tawarkan 9 Rekomendasi Penyesuaian Biaya Perjalanan Haji

Koresponden: Asp Pharmacia
Editor: M. Hari Atmoko