FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 30, 2023

JAKARTA (FaktaID) – Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) mengumumkan pada Jumat, dikutip AFP, bahwa mantan pemain timnas Jerman Rudi Wöller telah ditunjuk sebagai manajer timnas putra negara tersebut.

Penunjukan ini dilakukan setelah kekalahan Jerman di Piala Dunia 2022 di Qatar.

DFB mengatakan tugas Wöhler adalah meletakkan dasar bagi kesuksesan Jerman di Euro 2024, yang akan menjadi tuan rumah Jerman.

Juara dunia empat kali itu tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia untuk kedua kalinya berturut-turut sebelum manajer Oliver Bierhoff mengundurkan diri pada Desember.

Voller akan mengisi kekosongan Bierhoff pada 1 Februari. Penunjukannya didasarkan pada rekomendasi gugus tugas yang dibentuk oleh DFB pada bulan Desember, yang juga menyertakan Voeller.

“Di Rudi Wöller, kami telah menemukan orang yang ideal untuk 20 bulan ke depan,” kata Presiden DFB Bernd Neuendorf.

Mantan striker produktif dan pelatih-berpaling-pelatih menikmati status kultus di Jerman. Dia mencetak 47 gol dalam 90 pertandingan untuk timnas Jerman Barat dan Jerman, 8 di antaranya terjadi di Piala Dunia.

Wöller memenangkan Piala Dunia bersama Jerman pada tahun 1990 setelah memenangkan penalti dalam kemenangan 1-0 timnya atas Argentina.

Dia kemudian melatih tim nasional hingga mencapai final Piala Dunia 2002 di mana mereka kalah 2-0 dari Brasil.

Wöller juga bekerja sebagai direktur olahraga dan membantu Bayer Leverkusen menjadi salah satu klub terbesar di negara itu selama dua periode manajerialnya.

Müller Tak Akan Mundur dari Timnas Jerman
Jerman mempertahankan Hansi Flick sebagai pelatih kepala timnas
Hansi Flick tak berniat mundur meski gagal mengantarkan Jerman ke 16 besar.
Klasemen Final Grup E: Jepang Semangat, Jerman Kembali Tersingkir

Koresponden: Jafar M. Siddique
Editor: Dadan Ramdani