FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 8, 2023

Komite Olimpiade Internasional (IOC) akhirnya memberikan lampu hijau kepada Rusia dan Belarusia untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Paris 2024.

FaktaID – Komite Olimpiade Internasional (IOC) akhirnya memberikan lampu hijau kepada Rusia dan Belarusia untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Paris 2024.

Pada Rabu (25/01/23) waktu setempat, IOC mengumumkan bahwa semua atlet dari negara mana pun, termasuk Rusia, berhak mengikuti Olimpiade.

Menurut surel harian, Komite Olimpiade Internasional telah mengumumkan akan memasukkan atlet dari Rusia dan Belarusia dengan status netral di Olimpiade Paris 2024, yang berarti berkompetisi di bawah bendera Olimpiade.

Peraturan ini berpotensi memungkinkan atlet Rusia dan Belarusia untuk berkompetisi di kualifikasi Olimpiade. Namun, IOC tidak menjamin mereka akan lolos dengan mudah.

Setelah berkonsultasi dengan pemangku kepentingan, IOC mengatakan tidak boleh ada atlet yang dilarang bertanding hanya karena paspor (identitas) mereka.

“Setelah berkonsultasi (dengan pemangku kepentingan Olimpiade), mayoritas meminta agar IOC terus mengkaji konsep-konsep di atas melalui konsultasi bilateral, dengan masing-masing federasi internasional menjadi satu-satunya otoritas untuk kompetisi internasionalnya,” kata sebuah pernyataan.

IOC telah menerima proposal dari Dewan Olimpiade Asia untuk mengizinkan atlet Rusia dan Belarusia berkompetisi di Asia.

Raksasa Olimpiade, Amerika Serikat, juga mendukung kemungkinan atlet kembali dengan bendera netral.

Keputusan IOC datang hanya 24 jam setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menelepon sekutunya Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Setelah percakapan telepon dengan Macron, Zelensky menulis di Telegram: Saya menekankan bahwa atlet Rusia tidak boleh berpartisipasi dalam Olimpiade Paris.