FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 28, 2023

Hanoi, Vietnam (FaktaID) – Timnas Indonesia gagal melaju ke babak semifinal Piala Asia AFC 2022 setelah kalah 2-0 dari tuan rumah Vietnam pada leg kedua babak semifinal di Stadion Nasional My Dinh di Hanoi . Senin.

Dua gol Vietnam dibeli oleh striker Nguyen Thien Lin. Thein Lin juga untuk sementara memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Piala AFF 2022 dengan 5 gol bersama “striker” Thailand Teerasil Dangda.

Bagi timnas Indonesia, kekalahan ini membuat target PSSI menjuarai Piala AFF 2022 tidak tercapai.

Pada pertandingan itu, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menggunakan formasi lima bek saat bertahan, di mana bek tengah diisi oleh Jordi Amat, Rizki Rido dan kapten Facheredin Arianto. Pratama Arhan dan Sanavi Mangkualam masing-masing ditempati di pertahanan kiri dan kanan.

Di tengah, Shane menurunkan Mark Klock dan Marcelino Ferdinand. Mereka diapit oleh Sedil Ramdani dan Yaqub Sayori di sayap dan Dandi Solistivan sebagai striker.

Di pihak Vietnam, juru taktik Park Hang-su menurunkan semua pemain topnya, termasuk bek Duan Van Hau, gelandang Du Hong Dung, Nguyen Quang Hai dan penyerang Nguyen Thien Lin.

Dengan kombinasi tersebut, Vietnam yang membutuhkan kemenangan untuk mengunci ke final, langsung mencetak gol di menit ketiga melalui sepakan Nguyen Thien Linh.

Tien Lin menerima umpan panjang dari Du Hongdong lalu masuk ke gawang Indonesia.

Dengan skor 0-1, Indonesia yang hanya butuh hasil imbang satu gol untuk mencapai final terus berusaha keluar dari tekanan.

Namun, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Vietnam memimpin 1-0 saat turun minum.

Timnas Indonesia kalah 1-0 dari Vietnam di babak pertama

Di babak kedua, Vietnam semakin agresif dan tidak memperlambat serangan mereka. Alhasil, kurang dari dua menit memasuki babak kedua, Vietnam mampu menggandakan keunggulannya lagi dengan sundulan Nguyen Thien Lin di sepak pojok Du Hong Dong.

Melihat timnya kesulitan, Shin Tae-yong mendatangkan pemain menyerang seperti Vitan Suleiman dan Ricky Kambuya.

Penampilan Indonesia sudah membaik. Peluang datang dari Mark Klock dan Facheredin Arianto, namun tidak mampu mencapai target.

Shin Tae-yung bermain dengan 5 bek melawan Vietnam di Hanoi
Jordi Amat Tak Permasalahkan Kondisi Stadion Din Man Nasional

Sheen sempat bermain dengan dua penyerang lain dari bangku cadangan, yakni Ilija Spasovic dan Mohamed Rafali. Namun, kebijakan Shin tidak membuahkan hasil.

Indonesia juga kalah 2-0 dari Vietnam dan harus puas di semifinal Piala FA 2022.

Pada saat yang sama, Vietnam akan menghadapi pemenang pertandingan semifinal lainnya di pertandingan final, yang akan menyingkirkan Malaysia dan Thailand bersama-sama. Laga lanjutan semifinal antara Thailand dan Malaysia digelar Selasa (10/1).

Komposisi kedua tim bisa kamu lihat di bawah ini.

Vietnam: Dang Van Lamp PG, Que Ngoc Hai, Bui Tin Dung (51 mnt, Bui Hoang Viet), Duan Van Hau, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chong (71 mnt, Nguyen Tan Binh), Du Hong Dong (kapten), Nguyen Hoang Duc, Pham Tuan Hai, Nguyen Quang Hai (1+90 menit, Nguyen Van Tuan), Nguyen Thien Lin (71 menit, Phan Van Duc).

Indonesia: Nadeo Argavinata PG, Snawi Mangkualam (57 menit, Vitan Suleiman), Jordi Amat, Fachereddin Arianto (kapten), Rizki Ridu Ramezani (78 menit, Mohammad Rafali), Pratama Arhan, Mark Klock, Marcelino Ferdinand (78 menit, Ili ) Spasojevic), Sedil Ramdani (menit ke-57, Ricky Kamboya), Dandi Solistiavan, Jacob Sayuri.

Pengkhotbah: Michael Sihan