FaktaID

Informasi Berita Terupdate

April 2, 2023

HONG KONG (FaktaID) – Hong Kong Exchanges and Clearing Limited (HKEX) mengadakan upacara pembukaan secara langsung pada Kamis (26/1), yang pertama sejak 2020, menandai hari perdagangan pertama Tahun Kelinci.

Saham Hong Kong dan emas naik dengan indeks benchmark pada Kamis, Xinhua melaporkan pada Jumat (27/1). (kriteria) Hong Kong naik 341,72 poin menjadi 22.386,37, sementara emas menetap di HK$18.088 (HK$1 = 1.912 rupiah) per tela (37,8 gram), naik HK$198 dari penutupan Jumat lalu. . (1/20).

Asosiasi Pertukaran Emas dan Perak China, operator emas Hong Kong, juga mengadakan upacara pembukaan secara langsung pada Kamis pagi.

Chan Kwak Kee, Kepala Sekretaris Administrasi Pemerintah Daerah Administratif Khusus (SAR) Hong Kong, mengatakan pada acara tersebut status Hong Kong sebagai pusat keuangan internasional sangat kuat dan prospeknya cerah.

Menteri Keuangan Pemerintah Hong Kong SAR Paul Chan mengatakan pada upacara pembukaan HKEX bahwa meskipun pasar global mengalami volatilitas pada tahun lalu, pasar keuangan Hong Kong telah menunjukkan ketahanan yang luar biasa, beroperasi secara teratur dan stabil. Dia percaya bahwa pasar saham Hong Kong akan naik ke ketinggian baru di Tahun Kelinci.

Paul Chan percaya bahwa industri emas dan perak akan membuat kemajuan besar ketika arus orang, pasokan, dan modal antara Tiongkok daratan dan Hong Kong menjadi lebih aktif, dan pemerintah SAR Hong Kong, dengan dukungan Tiongkok, akan berusaha untuk meningkatkan momentum perdagangan. bidang keuangan. .

Nicholas Aguzin, kepala eksekutif HKEX, mengatakan bahwa IPO (penawaran umum perdana/IPO Hong Kong pulih pada paruh kedua tahun lalu, dan 10 saham baru telah memasuki pasar sejak awal tahun ini. Saat ini ada sekitar 100 saham baru yang menunggu pencatatan di pasar saham Hong Kong.

Aguzin mengatakan HKEX akan terus membantu modal China memasuki pasar global, memberikan peluang China kepada investor internasional dan mencari cara untuk meningkatkan daya tarik, vitalitas, dan keragaman pasar Hong Kong.

Indeks Hang Seng Hong Kong naik 522,13 poin, atau 2,37 persen, ditutup pada 22.566,78 pada Kamis.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansia Pesaribo