FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 6, 2023

Terkadang ada dikotomi antara olahraga dan pemerintahan. Tidak mungkin ketika ingin membangun sesuatu, pemerintah, masyarakat, asosiasi lain, itu tidak mudah

Solo (FaktaID) – Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia yang juga calon Ketua Umum PSSI Eric Tuhir mengatakan, solidaritas sangat dibutuhkan untuk perkembangan sepakbola di Indonesia ke arah yang lebih baik.

Dalam kunjungannya ke Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu, Eric mengatakan, “Terkadang ada dikotomi antara olahraga dan pemerintah. Ketika ingin membangun sesuatu, pemerintah, masyarakat, asosiasi lain, itu tidak mungkin.”

Lanjutnya: Dalam hal ini, semua pihak harus bersatu dan berencana membangun sepak bola. Ia pun mengajak semua pihak untuk mencontoh Jepang yang telah membangun cetak biru sepak bola Jepang sejak 1991.

Dia menambahkan: “Sepak bola bukan permainan individualistis di sana, itu seperti gelombang bolak-balik. Di sana para pemain bahkan memastikan lokernya bersih, begitu juga penontonnya. Itu budayanya.”

Sekjen PSSI menilai Eric Thawhir memiliki kualitas untuk menjadi Ketua Umum PSSI.
Persbaya dan Persis Sepakat Dukung Eric Tohir Sebagai Ketua Umum PSSI

Menurutnya, sepak bola Indonesia harus mempersatukan bangsa dan tidak memecah belah persatuan.

“Setiap ada pertandingan sepak bola, orang takut, orang tua takut anaknya yang suporter tidak pulang. Jangan biarkan sepak bola menjadi kesedihan, bukan kegembiraan, orang tua kehilangan anak, kakak-kakak kehilangan adik. , adik-adik kehilangan kakak.”

Mantan presiden Inter Milan itu menegaskan, teknologi dibutuhkan untuk mewujudkan clean football agar pertandingan tidak hanya mengandalkan wasit.

“Anda tidak bisa menyalahkan semuanya pada wasit. Wasit itu manusia, mereka sakit, mereka perlu dibina, baik ekonominya bagus atau tidak, pendidikannya bagus atau tidak, termasuk tentang perwasitan. Intinya sepakbola bersih itu harus dibangun.,” jelasnya.

Sementara itu, terkait pencalonannya sebagai presiden PSSI periode 2023-2026, ia mengaku menantikan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, 16 Februari mendatang.

“Kalau para pemilih (pemilih) sama dengan hati saya, mereka ingin membuat sepak bola bersih, bersatu, bahagia, maka datanglah. Semua sama, bukan karena saya. Ketua, wakil ketua, gema, artinya kita harus bersama-sama untuk ada.”

Ia mengatakan pendaftaran sudah dilakukan dan ada lima calon ketua umum, salah satunya Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti.

“Nanti kita dengar calon-calon ini, hormati yang menang, hormati yang kalah, tidak apa-apa, saya harus kalah. Bukan tidak mungkin mengalahkan saya, ini pemilu,” pungkas Eric Tohir.

Wajah Baru Calon Ketua, Waketum, dan Anggota Baru Exco PSSI
KP: Berkas 61 Calon Exco Lengkap Termasuk Lima Calon Ketua Umum

Koresponden: Aris Vasita