FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 28, 2023

Jakarta (FaktaID) – lembaga independen Pendiri Institut Sepak Bola Menurut Eric Tuhir, saat terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), dirinya membutuhkan wakil yang “baik” sebagai pendamping yang bisa meringankan pekerjaannya, bukan membebaninya.

“Pasar calon Ketua Umum PSSI sepertinya menyempit ke satu sosok, Menteri BUMN Eric Toheir. Kalaupun ada calon lain, sepertinya hanya penggembira… Eric Toheir Vacum Harus begitu,” Football Institute kata pendiri Budi Setiawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut Budi, wajah kedua ketua akan sangat penting karena mereka adalah wakil ketua yang tidak hanya mewakili wajah ketua tetapi juga organisasi PSSI.

“Di kita (Lembaga Sepak Bola) kepresidenan umum PSSI sudah hampir final dan tidak perlu dibahas. Yang harus diperhatikan adalah dua wakil presiden yang mendampingi Eric Tohir saat memilih presiden umum, wajah wakil presiden umum. Ternyata bosnya masih kencang.”

FIFA Kirim Pesan ke Erik Thawhir untuk Ketum PSSI, Kata Pengamat.

Diketahui, KLB akan memilih panitia pelaksana, ketua umum, dua wakil presiden, dan 12 anggota pada 16 Februari 2023.

Kedua wakil presiden itu menarik dan vital menurut saya, karena ini adalah sosok yang mendampingi presiden. Kedua wajah ini nantinya tidak hanya mewakili wajah Presiden Jenderal, tetapi juga organisasi PSSI. Kedua wajah Waketum ini akan menjadi wajah. Tokoh utama pengurus PSSI ke depan, kata Bodi. Pak Eric akan memiliki foto dua wakil presiden ini secara umum.

Bodhi pun menilai Eric Tohir seharusnya sudah memiliki beberapa nama untuk mendampinginya di masa depan.

Menurut Football Institute, saat ini ada sekitar 6 orang yang diajukan anggota PSSI untuk jabatan Wakil Presiden. Keenam orang tersebut adalah: Younes Nosy (Sekjen), Juni Rahman (Anggota PSSI), Achsan Al-Kassasih (Madura United), Achmed Royad (Anggota PSSI dan Ketua Umum PSSI Jatim), Andre Rosiade (Anggota DPR RI) dan Ratu Tisha. (Mantan Sekjen PSSI).

Eric Tohir: Wacana publik sebagai capres PSSI sah-sah saja

Eric Tohir Sebut PSSI Harus Dihapus Total

“Akhirnya dikabarkan Manpura Zainuddin Amali juga mendapat dukungan untuk mendampingi Eric Thawheer untuk jabatan wakil presiden. Pendaftaran exco PSSI akan ditutup pada 16 Januari,” ujarnya.

Menurut Bodhi, Eric Tohir membutuhkan pendamping yang bisa meringankan pekerjaannya, bukan membebani dirinya saat menjadi Dirut PSSI. Artinya, dua wakil presiden berikutnya haruslah sosok yang memenuhi syarat yang diatur dalam statuta PSSI, seperti lima tahun di sepak bola nasional, tidak ada masalah hukum dan pidana, dll.

Lanjutnya: Menurut kami, selain persyaratan administrasi juga diperlukan kompetensi di bidang sepakbola, kejujuran yang teruji dan teruji, memiliki pergaulan yang luas di dunia olahraga dan khususnya di lingkungan pemerintahan. Setidaknya kemampuan membuat, memelihara dan Budi Satyavan, pendiri Institut Sepak Bola, mengatakan: terutama memiliki hubungan baik dengan pemerintah. Karena selama ini ada kendala. Persepsi PSSI sulit bekerja sama dengan pemerintah. Ini tantangan utamanya.”

Koresponden: Dadan Ramdani