FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 6, 2023

Jakarta (FaktaID) – Borussia Dortmund mengalahkan Augsburg 4-3 dengan kemenangan 4-3 di Signal Iduna Park Dortmund, Minggu.

Menurut situs resmi liga Jerman, kemenangan ini membuat Dortmund naik satu peringkat ke peringkat enam klasemen Liga Jerman dengan 28 poin, sedangkan Augsburg tetap bertahan di peringkat ke-15 dengan raihan 15 poin.

Augsburg harus melakukan pergantian sejak awal ketika Irwin Kaduna menggantikan Ruben Vargas yang cedera setelah pelanggaran Mats Hummels. Mereka khawatir harus melakukan pergantian pemain lagi ketika kiper Rafal Gikijevic terkena tembakan Rafael Guerreiro, tetapi pemain itu bisa terus bermain.

Upaya Augsburg mempertahankan gawangnya dari kebobolan akhirnya pupus di menit ke-30. Jude Bellingham yang menerima umpan Karim Ademi mampu mengalahkan markernya sebelum melepaskan tembakan rendah ke sudut gawang Gikivić.

Byrd berhasil menangkap gawang Dortmund yang lengah. Pada menit ke-40, Niko Schlotterback tidak terlalu tertarik untuk memulihkan bola dan kehilangan bola di dekat sepak pojok, membuat Augsburg menyamakan kedudukan dengan sepakan Arne Meyer.

Schlatterbeck berhasil menebus kesalahannya pada menit ke-42. Dia meraih tendangan bebas Julian Brandt untuk mengembalikan keunggulan Dortmund.

Selebrasi Tujuh Gol Cologne ke gawang Werder Bremen
Frankfurt naik ke peringkat dua klasemen usai mengalahkan Schalke

Tendangan bebas lain dari Brandt hampir membuahkan gol ketiga Dortmund saat sundulan Mats Hummels diselamatkan oleh Gikijevic.

Augsburg-lah yang menyamakan kedudukan lagi pada menit ke-46. Aren Engels mencuri bola di tengah lapangan lalu mengoper bola ke Ermedin Demirovic. Tembakan terakhir Demirovic melebar meski Julian Ryerson berusaha menyelamatkannya di garis gawang.

Usai jeda, Dortmund memimpin pada menit ke-75 melalui gol pemain pengganti Gittens. Dia menggiring bola ke sayap kiri melewati dua bek Augsburg sebelum menyelesaikannya dengan tembakan rendah ke sudut gawang.

Augsburg mengantisipasi situasi tersebut dengan melakukan tiga pergantian pemain dan dua pemain yang dimasukkan memainkan peran penting dalam mengembalikan mereka ke dalam permainan. Tendangan Kelvin Yeboah membentur mistar gawang dan bola pantul diteruskan oleh David Colina untuk mencetak gol pada menit ke-77.

Di kubu Dortmund, para pemain pengganti juga berperan besar dalam menentukan hasil akhir pertandingan. Pada menit ke-78, Giovanni Reina yang baru berada di lapangan selama 8 menit mencetak gol yang menjadi gol terakhir pertandingan ini.

Daftar kombinasi:

Borussia Dortmund: Gregor Kobel, Julian Ryerson, Nico Schlatterback, Mats Hummels, Rafael Guerrero, Judd Bellingham, Saleh Ozcan, Karim Ademi (Giovanni Reina 70 menit), Julian Brandt, Daniel Mullen (Jamie Bayno Gittens), Yuskos (70) Haller 62 menit)

Augsburg: Rafal Gikiewicz, Robert Gami, Felix Odukhai, Geoffrey Guolio, Mads Pedersen, Arne Engels, Elvis Rexbikai (David Collina 76 menit), Arne Meyer (Julian Baumgartlinger), Ruben Vargas (Irwin Cardona 12), Dion Derna Beljo (Kelvin Yeboah 76 menit), Ermedin Demirovic

Bayern hanya membawa pulang satu poin dari lawatan ke markas Leipzig

Penceramah : Rauf Ender Adipati
Editor: Ervan Sohairondi