FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 30, 2023

WASHINGTON (FaktaID) – Serangan militer AS menewaskan sekitar 30 pejuang al-Shabaab di dekat kota Galkad di Somalia, tempat tentara dan kelompok militan terlibat dalam pertempuran sengit, kata Komando Afrika AS.

Operasi, yang oleh militer AS digambarkan sebagai “serangan pertahanan diri besar-besaran”, berlangsung pada hari Jumat di kota yang terletak sekitar 260 kilometer sebelah utara ibu kota Mogadishu.

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa di lokasi tersebut, Pasukan Nasional Somalia diserang oleh lebih dari 100 pejuang al-Shabaab.

Komando Afrika AS, lengan militer Amerika di benua itu, melaporkan bahwa tidak ada warga sipil yang terluka atau tewas dalam serangan itu.

Dia berkata: Tiga mobil hancur.

Militan Al-Shabaab menyerang sebuah pangkalan militer Somalia di Galkad pada hari Jumat, menewaskan sedikitnya tujuh tentara, menurut pemerintah Somalia dan kelompok militan tersebut.

Militan meledakkan bom mobil dan melepaskan tembakan, tetapi akhirnya berhasil dipukul mundur.

Kementerian intelijen Somalia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa al-Shabaab membunuh tujuh tentara, tetapi pasukan Somalia membunuh 100 pejuang kelompok itu dan menghancurkan lima mobil van bersenjata yang diketahui milik kelompok itu. teknis.

Al-Shabaab telah berjuang sejak tahun 2006 untuk menggulingkan pemerintah pusat Somalia dan memberlakukan pemerintahannya sendiri.

Serangan hari Jumat menggarisbawahi ancaman serius al-Shabaab terhadap militer Somalia, meskipun pemerintah sukses melawan kelompok militan terkait al-Qaeda tahun lalu.

Sumber: Reuters

Tujuh tentara tewas di Somalia oleh kelompok militan
Milisi Somalia membunuh enam orang dalam penyerangan di desa tersebut

Penerjemah: Fazli Rahman
Editor: Anton Santoso