FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 27, 2023

Konsumsi ikan bisa menjadi alternatif

Jakarta (FaktaID) – Indonesia’s Center for Strategic Development Initiatives (CISDI) bekerja sama dengan 11 Puskesmas menyelenggarakan kampanye “Choose My Plate” untuk meningkatkan edukasi tentang pentingnya konsumsi pangan lokal dalam rangka masyarakat. Hari Gizi Nasional ke-63, Rabu.

“Pesan utama yang ingin disampaikan oleh kampanye ini adalah mendukung pencegahan stunting sesuai dengan isi piring makan sehari-hari sesuai anjuran Kementerian Kesehatan RI,” ujar Zenitsa Gifta Nadirini, Senior Partner and Community Engagement Officer CISDI, di siaran pers. Rilis diterima di Jakarta, Rabu.

Kampanye bertema “Protein Hewan Cegah Stunting” ini diselenggarakan oleh CISDI bersama 11 Puskesmas yang tergabung dalam Puskesmas Pansera Nusantara (PN-PRIMA) Kota Depok dan Kabupaten Bekasi.

Zenitsa mengatakan, kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengguna media sosial tentang kepatuhan gizi anak melalui konsumsi makanan lokal, murah dan mudah.

Kemenkes Umumkan Tema HGN 2023 ‘Protein Hewan Cegah Stunting’
Ahli Gizi Bagikan Tips Putus Rantai ‘Sesak’ pada Balita

Hasil kajian status gizi Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa anak balita dengan stunting di Indonesia akan mencapai 24,4% pada tahun 2021. Artinya, seperempat balita di negara ini akan mengalami stunting pada tahun 2021.

Sementara itu, studi Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa antara usia 12 dan 23 tahun terjadi peningkatan stunting 1,8 kali lipat akibat rendahnya asupan makanan sumber protein hewani dalam makanan pendamping ASI (MP-ASI).

Zenithesa mengatakan, salah satu kendala pencegahan stunting adalah makanan bergizi seringkali datang dengan harga jual yang tinggi. Padahal, Departemen Kesehatan justru menganjurkan agar Anda mengisi piring makan sehari-hari dengan makanan lokal yang murah, bergizi, dan mudah ditemukan di sekitar Anda.

Beliau mengatakan: Misalnya mengkonsumsi ikan dapat menggantikan daging sapi karena harga ikan sangat terjangkau, selain itu merupakan sumber protein, vitamin, lemak tak jenuh dan mineral yang baik bagi tubuh.

Mengenalkan makanan sehat sejak kecil bermanfaat untuk kehidupan

Orang Tua Diimbau Gunakan “Isi Piringku” untuk Memberi Makan Anaknya

Masa kampanye ini akan dilaksanakan dari tanggal 11 hingga 27 Januari 2023 menggunakan jejaring sosial Instagram untuk mengajar melalui poster dan memulai kompetisi. CISDI dan 11 Puskesmas lainnya membuka turnamen pada 16-25 Januari 2023.

Orang yang tertarik untuk berpartisipasi dalam kontes mengunggah foto dengan kaset promosi digital. Mereka harus mengunggah foto sepiring makanan bergizi dan sehat yang diolah dari masakan lokal dan menu makanan di foto yang diunggah melalui Judul.

Sementara itu, sejumlah Puskesmas yang tergabung dalam Program Pencerahan Nusantara, Puskesmas Responsif-Aktif Bermakna (PN PRIMA), salah satu program unggulan CISDI, bertugas mensosialisasikan lomba dan memberikan pelatihan tambahan. untuk masyarakat

Kepatuhan gizi pada anak ciptakan sumber daya manusia yang berkualitas

Koresponden: Andy Firdos
Editor: Budi Santoso