FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 28, 2023

Bandung (FaktaID) –

Satu-satunya gol Ciro Alves membuat Persib Bandung mendapatkan tiga poin dalam El Clasico Indonesia melawan Persija Jakarta pada penundaan putaran pertama Ligue 1 2022-2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Barat. Jawa, Rabu.

Gol Ciro dicetak di paruh kedua pertandingan tepatnya di menit ke-62. Gol tersebut berhasil membuat penonton atau Boboth Persib bersorak kegirangan.

Dengan kemenangan ini, Persib mengungguli Persepolis di klasemen Liga Inggris. Kini Persib berada di peringkat keempat, peringkat ini sebelumnya diisi oleh Persija yang kini berada di peringkat kelima.

Di awal permainan, Persija justru lebih banyak melakukan serangan sebagai tim tamu. Dedi Kusendar mendapat kartu kuning oleh wasit hingga menit ke-5 karena membuang Kremenchik dari pinggir lapangan.

Beberapa saat kemudian, Persib mendapat kesempatan untuk menghadang pertahanan Persija. Namun, Ciro Alves yang sebelumnya berhadapan satu lawan satu dengan Andreatti gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Tidak ada gol yang tercipta hingga menit ke-30 pertandingan. Sementara itu, pada menit ke-34, Persija memiliki peluang berkat kerja sama Firza Endika dan Kermanjik, namun sundulan penyerang Persepolis itu masih melambung di atas gawang Teja Pakulam.

Pada menit ke-41, Persib mendapat hadiah penalti dari wasit. Penalti ini diumumkan akibat tendangan bebas Ezra yang membentur pemain Persepolis.

Beckham Putra kemudian melangkah untuk mengambil penalti, namun pemain bernomor punggung 7 itu tidak mampu mengambilnya karena Andrettini mengantisipasi bola. Sampai akhir babak pertama, pertandingan masih 0-0.

Memasuki babak kedua, Persib bermain lebih agresif. Namun, tim tuan rumah baru bisa membuka gawang pada menit ke-62 berkat kerja sama dua tim Brasil, Ciro Alves dan David da Silva. Chiro yang menerima bola dari David mampu memperdaya bek Persepolis. Kemudian pemain bernomor punggung 77 itu berhadapan satu lawan satu dengan Andretani dan berhasil memasukkan bola ke gawang. Persib menang melawan Persija dengan skor 1-0.

Di penghujung pertandingan, kedua tim mengubah komposisi pemain. Adapun Persib memiliki lebih banyak pemain bertahan, sedangkan Persija memiliki lebih banyak pemain menyerang.

Mengantri:

Pars: Teja Pako Alam (PG), Victor Igbonfo (C), Daisuke Sato, Han Herdiana, Nick Kuipers, Dedi Kusendar, Abdul Aziz, Beckham Putra, Chiro Alves, Ferts Butuan, Ezra Valian.

Cadangan: I Made Wirawan, Achmad Jufriyanto, Erwin Ramdani, Ferdiansyah, Robi Darwis, Arsan Makarin, David da Silva, Fitrul Dwi, Eriyanto, Kakang Rudianto.

Persija: Andritani (PG)(C), Rio Fahmy, Ondri Kudla, Firza Endika, Mohammad Ferrari, Rico Simanjuntak, Hansamoyama, Hanno Behrens, Siahrian Abimanyu, Kremenchik, Reski Fandi.

Cadangan: Maman Abdurrahman, Tony Suchipto, Hani Sabandi, Donny Terry, Ferangaki Diener, Wahiu Ramdani, Razaldi Hahanusa, Niko Saputro, Kahia Supriadi.

Wartawan: Baik, Ahmad Rizaldi
Editor: Dadan Ramdani