FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 28, 2023

Jakarta (FaktaID) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan akan mengguyur sebagian besar kota besar di Indonesia pada Rabu.

Berdasarkan informasi BMKG yang terlacak online di Jakarta, di Sumatera berpeluang terjadi hujan disertai badai petir untuk wilayah Pangkalpinang, sedangkan wilayah Palembang diperkirakan hujan sedang. .

Berbeda dengan kasus di kawasan pelabuhan Lampung, curah hujan diperkirakan akan tinggi. Curah hujan sedang diperkirakan untuk wilayah Bengkulu, kemudian intensitas ringan untuk wilayah Jambi dan berawan untuk wilayah Padang.

BMKG: Curah hujan deras akibat kelengkungan angin dari Samudera Hindia

Kemudian wilayah Medan diprakirakan dengan intensitas sedang, kemudian wilayah Aceh diprakirakan berawan dan wilayah Pekanbaru diprakirakan dengan intensitas ringan.

Di kawasan Tanjungpinang sebaiknya berhati-hati karena kondisi cuaca diperkirakan akan hujan disertai petir.

Di Pulau Jawa kondisi cuaca secara umum cenderung hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Hati-hati di Surabaya.
Sesuai dengan kondisi cuaca besok, diperkirakan akan hujan disertai petir.

Di Kalimantan berpotensi hujan sedang di Kabupaten Pontianak dan hujan ringan di Kabupaten Palangkaraya. Untuk wilayah Samrida dan Banjarmasin diperkirakan akan terjadi hujan dan petir. Sementara itu, hujan deras diperkirakan terjadi di wilayah Tanjung Selor.

BMKG Perkirakan DKI Jakarta Cerah Selasa Pagi Ini

Potensi hujan ringan juga terjadi di wilayah Denpasar dan Matram, sedangkan di wilayah Kupang diperkirakan terjadi badai petir.

Kemudian dilanjutkan ke Pulau Sulawesi, kondisi cuaca di Sulawesi secara umum diharapkan sejuk disertai hujan. Namun, situasinya berbeda untuk wilayah Palu karena diperkirakan hujan disertai petir dan untuk wilayah Mamojo diperkirakan hujan lebat.

Kemudian menuju Indonesia bagian timur di mana Ternate, Ambon, Manokwari serta Jayapura diperkirakan akan mengalami hujan ringan.

Penceramah : Devi Nindi Sari Ramadhan
Diedit oleh: Adi Belvardi