FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Juni 6, 2023

Denpasar (FaktaID) – Bali United Youth menjuarai International Football Championship (IFC) 12-19 Mei 2023 sekaligus menjadi laga pemanasan jelang turnamen nasional 16 tahun (U16) Elite Academy Peru (EPA).

“Saya tentu senang dengan penampilan anak-anak, meski ada posisi berbeda yang perlu disiapkan secara matang untuk mengetahui kedalaman tim,” kata pelatih muda Bali United Gedde Sudarna di Badung, Bali, Jumat.

Pemain berusia 15 tahun (U15) Bali United itu mencetak empat kemenangan dan satu hasil imbang tak terkalahkan selama turnamen yang digelar di Lapangan Ketut Lotri I, Kutuh, Kabupaten Badung, Bali itu.

Tim yang berpartisipasi dalam Western Australian Youth Championship ini adalah Silo Sportivo dari Maglang, Jawa Tengah serta tim dari Bali bernama Fast Bali International, Putra Tresna dan dua tim dari Bali United U15.

Tim Tridato Muda Cerdado yang dijuluki Bali United dibentuk oleh dua tim bernama Tim A kelahiran 2008 dan 2009 serta Tim B kelahiran 2009 akibat mundurnya perwakilan tim asing dari turnamen tersebut.

Anak-anak muda itu mengalahkan Australia Barat 7-0 di hari pertama dan kemudian bermain imbang 0-0 melawan Fastball International di game kedua.

Selain itu, di hari ketiga pertandingan ini, tim A Bali United yang berusia di bawah 15 tahun berhasil mengalahkan rekan setimnya di tim B dengan skor 4:1.

Turnamen kemudian ditutup dengan dua kemenangan lagi melawan Cilo Sportivo Jawa Tengah dengan dua gol tak terjawab dan empat gol melawan Putra Tresna.

Bali United U15 berhasil merebut trofi, disusul Fast Bali International di posisi kedua dan Cilo Sportivo Central Java di posisi ketiga.

Melihat penampilan para pemain muda tersebut, pelatih Derna mengaku tim yang dibentuk dalam waktu 1,5 bulan ini layak untuk mengikuti Kejurnas EPA League 1 Under-16 yang dijadwalkan digelar pada Agustus atau Oktober 2023. .

Dia menambahkan: Menurut pendapat saya, sekitar 60-70% dari tim ini layak berada di Liga 1 U-16 EPA tahun ini, kami hanya perlu mencari lebih dalam pada seleksi saat ini.

Pertandingan Liga 1 U-16 akan menjadi tanggung jawab tim kepelatihan, yakni pelatih Gede Sodarna bersama asistennya Bayou Iosa dan pelatih kiper Putou Peiger.

Bali United juara Liga 1 U18 dan PSM juara Liga 1 U16

Elite Pro Academy Resmi Mulai Penemuan Bakat Timnas

Pengkhotbah : Deva Ketut Sudyartha Viguna