FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Februari 6, 2023

FaktaID – Jika Eric Tohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2027-2023, dia masih bisa menjadi Menteri BUMN.

Persatuan sepak bola tertinggi di Indonesia, PSSI, baru saja menyelesaikan Kongres Reguler 2023 yang digelar Minggu (15/01/23) lalu di Hotel Sultan, Jakarta.

Kongres yang diresmikan oleh Menteri Olahraga dan Pemuda (Manpura RI) Zainuddin Emali ini diisi dengan sejumlah agenda.

Agenda dimulai dengan Laporan Kegiatan 2022, Laporan Keuangan PSSI 2022, Hasil Audit Keuangan PSSI 2021, Rekomendasi Program PSSI 2023.

Penunjukan operator liga sebagai entitas komersial independen, penerimaan penghentian dan perubahan nama tempat tinggal anggota PSSI dan persetujuan Panitia Pemilihan (KP) dan Panitia Banding Pemilihan (KBP).

Selain itu, agenda selanjutnya adalah membahas persiapan Kongres Luar Biasa (KLB) yang akan digelar pada 16 Februari 2023.

Sebelumnya, KLB mengalami tekanan sejak November 2022 pasca tragedi maut di Stadion Konjurohan dengan agenda utamanya mencari ketua baru.

Saat itu, banyak pihak yang menginginkan agar PSSI segera menggelar KLB untuk menggantikan presiden saat ini, Mohammad Irivan atau Ivan Boleh.

Pada ayat 2 pasal 34 statuta PSSI, KLB berlaku jika sekurang-kurangnya 2/3 dari wakil (pemilih) mengajukan permohonan tertulis atas nama anggota PSSI.

“Oleh karena itu PSSI Exco akan menginisiasi tahap verifikasi dan kemudian menggelar kongres luar biasa dalam waktu paling lambat tiga bulan setelah proses verifikasi selesai,” lanjut Irivan.

Persis Solo dan Persebaya Surabaya sebenarnya adalah dua klub yang sedang membicarakan deklarasi wabah dan menyurati PSSI agar PSSI bisa mempercepat prosesnya.

Mereka kini memiliki lima calon presiden umum baru PSSI, salah satunya Eric Tohir.