FaktaID

Informasi Berita Terupdate

Januari 29, 2023

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM –¬†Sejumlah faktor ini menjadi penyebab kekalahan timnas Indonesia di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam.

Timnas Indonesia dipakasa menelan pil pahit kala bertandang ke markas Vietnam di Stadion My Dinh, dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (09/01/23) malam WIB.

Skuad Garuda tunduk dengan skor telak 2-0. Berkat kemenangan ini, Vietnam lolos ke final karena menang agregat 2-0.

Sebelumnya kedua tim bermain sama kuat 0-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bermain di depan publiknya sendiri, Vietnam langsung tancap gas di awal babak pertama.

Mental para pemain timnas Indonesia langsung runtuh ketika mereka kebobolan melalui gol cepat Vietnam di menit ke-3.

Diawali dari umpan panjang Do Hung Dung, Nguyen Tien Linh berhasil lolos dari jebakan offside lalu melepaskan tembakan yang masuk ke gawang Nadeo Argawinata. Vietnam unggul 1-0 atas Indonesia.

Keunggulan itu membuat para pemain Vietnam percaya diri untuk terus menyerang. Tetapi tidak ada gol tambahan yang tercipta di babak pertama.

Memasuki babak kedua, timnas Indonesia mencoba untuk bangkit. Serangan dari umpan-umpan pendek dengan sabar coba diterapkan.

Namun sulit membongkar pertahanan Vietnam. Malah gawang Indonesia kembali bergetar pada dua menit awal babak kedua.

Nguyen Tien Linh lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor setelah tandukannya memanfaatkan sepak pojok Do Hung Dung berhasil merobek gawang Indonesia.

Skor 2-0 bertahan hingga laga usai. Kemenangan ini membawa timnas Vietnam ke final Piala AFF 2022, dan menunggu lawan antara Thailand vs Malaysia. Berikut beberapa alasan kekalahan timnas Indonesia di leg kedua.